Pertanian di Sulut Dinilai Berlangsung dengan Baik
Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey berbincang dengan Menteri Pertanian, Sahrul Yasin Limpo usai melakukan penanaman kadele (kedelai) di Desa Tontalete, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulut, Selasa 21 April 2020.

Pertanian di Sulut Dinilai Berlangsung dengan Baik

MANADO, publikreport.com – Menteri Pertanian (Mentan), Sahrul Yasin Limpo mengaku harus berterima kasih kepada Gubernur Provinsi Sulut dan para kepala daerah di Sulut karena cukup aktif memberikan dorongan sehingga sektor pertanian bisa berlangsung dengan baik. Bahkan, Sulut di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mampu melakukan ekspor komoditi pala ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

“Gubernur Sulut secara konsisten mengembangkan pertanian di tengah pandemi Covid-19,” kata Sahrul usai melakukan penanaman kadele (kedelai) di Desa Tontalete, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulut, Selasa 21 April 2020.

Negeri ini, menurut Sahrul, saat ini menghadapi tantangan besar. Medical solution menjadi bagian, tetapi food security, makannya rakyat menjadi sesuatu yang penting.

“Sulut memberi contoh yang banyak. Oleh karena itu selaku menteri saya ditugaskan bapak Presiden untuk memberikan back up kuat.Ratusan ribu hektar akan coba kita gelar bersama pak gubernur dan para pengusaha. Kita tidak boleh tergantung pada impor,” ujarnya.

Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey mengaku berterima kasih kepada Menteri Pertanian yang sudah datang melihat potensi pertanian di Sulut.

“Dengan situasi kondisi saat ini yang kita harus perkuat adalah sandang dan pangan. Makanya saya selalu mengajak masyarakat menanam guna menjaga ketahanan pangan kita tiga bulan ke depan,” katanya.

BACA JUGA: Menteri Pertanian Tanam Kadele di Minut

BACA JUGA: Pandemi Covid-19, Olly Ajak Masyarakat Menanam di Kebun dan Lahan Tidur

Kepada Kementerian Pertanian (Kementan), Olly berharap, membantu penyediaan bibit tanaman pangan untuk mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif.

BACA JUGA: Pandemi Covid-19, Gubernur: Jangan Menyerah

“Mudah-mudahan kita dapat juga bantuan bibit jagung dan bantuan bibit padi. Karena banyak sekali masyarakat kembali bercocok tanam, kembali ke kampung dan membuka lahan-lahan tidur untuk mempersiapkan pangan di Sulut agar supaya lebih aman kedepan,” jelasnya. | VERONICA DSK