You are currently viewing Pesan Kepala BNPB: Tanam dan Jangan Tebang Pohon Ketapang
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, meninjau lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor, sekaligus memberikan bantuan bagi korban bencana.

Pesan Kepala BNPB: Tanam dan Jangan Tebang Pohon Ketapang

TAHUNA, publikreport.com – Sebelum kembali ke Jakarta, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo berpesan kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe agar memelihara dan menanam pohon ketapang. Saat menuju ke lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sangihe, Doni mengaku, sempat melihat disepanjang jalan ada pohon ketapang yang tumbuh, bahkan pada kemiringan 80 derajat.

Pesan saya ke pemerintah daerah dan warga Sangihe, jaga pohon ketapang. Jangan ditebang, sebab pohon ketapang memiliki akar yang kuat dan bisa tumbuh hingga ratusan tahun. Ingat, ketapang menyelematkan kita dari ancaman longsor dan banjir,” pesannya.

BACA JUGA: Ratusan Juta Dibawa Kepala BNPB Bagi Korban Bencana Sangihe

Pesan lainnya yang juga disampaikan Doni, agar waspada terhadap ancaman gempa dan tsunami.

Dari sejarah masa lampau dan dokumen yang kami dapat saat BNPB berkunjung ke Belanda, mulai dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Sangihe, Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro) sampai Bitung pernah mengalami gempa hebat dan tsunami. Jadi sudah tugas kami mengingatkan pemerintah daerah dan warganya,” ungkapnya. 

Leave a Reply