Pesan Presiden: Jaga Setiap Satu Rupiah Anggaran
Postur APBN 2019. (Sumber: kemenkeu.go.id)

Pesan Presiden: Jaga Setiap Satu Rupiah Anggaran

JAKARTA, publikreport.com – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh aparatur pemerintah agar dapat menjaga amanah setiap rupiah anggaran yang dikumpulkan dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak. Dalam melaksanakan berbagai program pemerintah tahun 2019 supaya dapat memberikan nilai tambah kepada pembangunan serta mensejahterakan rakyat.

Kepada para menteri, pimpinan lembaga serta kepala daerah, Jokowi meminta, untuk melaksanakan berbagai hal, seperti mempersiapkan program-program pembangunan dengan baik agar dapat berjalan efektif sejak. Sehingga memberikan manfaat seluas-luasnya pada masyarakat.

“Untuk itu, agardapat dilakukan persiapan lelang lebih awal,” ujar Jokowi pada penyerahan DIPA(Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Tahun Anggaran (TA) 2019, Selasa, 11Desember 2018, di  Istana Negara, Jakarta.

Selain itu,Jokowi mengatakan, memastikan agar alokasi anggaran difokuskan pada kegiatanutama, yang langsung dirasakan masyarakat, dan melakukan pembatasan danpenghematan belanja-belanja pendukung seperti biaya rapat, perjalanan dinas,dan honorarium.

Melakukanpemantauan efektifitas kegiatan dan anggaran secara berkala (bulanan atautriwulanan) untuk meyakini semua program kementerian/lembaga dan pemerintahdaerah berjalan maksimal, dan terus melakukan perbaikan.

“Pimpinan instansi harus ikut serta dalam melakukan pengawasan, serta mengoptimalkan dukungan aparat pengawas intern di masing-masing kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,” pesannya.

Memperbaiki koordinasi dan sinergi baik antar kementerian, antar pemerintah daerah maupun antara pusat dan daerah untuk bisa mengefisienkan dan mengefektifkan pencapaian output kegiatan pembangunan.

Melakukan sosialisasi dan komunikasi kepada publik mengenai kegiatan, anggaran, dan hasil-hasil output yang dicapai, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan benar mengenai program kerja pemerintah dan hasilnya.

Diserahkannya DIPA dan Alokasi TKDD tahun 2019, Jokowi berharap, para menteri, pimpinan lembaga serta kepala daerah dapat berkoordinasi dengan seluruh jajarannya untuk dapat menindaklanjuti arahannya guna melaksanakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara cepat, tepat, transparan, dan akuntabel. | DORANG