Pilkada 2020, PDIP Ancaman PG di Tomohon
Ilustrasi.

Pilkada 2020, PDIP Ancaman PG di Tomohon

POLITIK

TOMOHON, publikreport.com – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dipastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon akan dimulai triwulan empat 2019 ini. Warga pun saat ini ramai membicarakan figur-figur yang bakal bersaing pada Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tomohon untuk Masa Bakti 2020-2025. Pembicaraan ini kerap membandingkan antara figur, kendaraan politik (partai politik), ‘gizi’ (dana), track reccord, kemampuan maupun perolehan suara partai politik (parpol) dan figur calon legislatif (caleg) yang bertarung pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, baru-baru ini.

Pengamat Politik dari Universitas Negeri Manado (Unima), Joseph Sumampouw mengatakan, hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, tidak mutlak menjadi barometer untuk Pilkada.

Faktor jumlah anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), hanya salah satu modal penggerak mesin pemenangan di Pilkada. Jadi walaupun PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) misalnya, kalah jauh dalam perolehan kursi di DPRD Kota Tomohon, tapi faktor lain bisa diterapkan untuk meraih kursi eksekutif pada Pilkada mendatang. Ingat, Kota Tomohon dikelilingi oleh daerah yang dikuasai PDIP,” jelas Joseph.

BACA JUGA: Pilkada Tomohon Segera Bergulir