Syerly Adelyn Sompotan, Wakil Walikota Tomohon/Bakal Calon (Balon) Walikota Tomohon.
Syerly Adelyn Sompotan, Wakil Walikota Tomohon/Bakal Calon (Balon) Walikota Tomohon.

Pilkada, Warga: Wawali Tomohon Seperti Tak Dihargai

POLITIK

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Syerly Adelyn Sompotan saat masih menjabat Wakil Walikota Tomohon. Namun, dirinya juga telah mendeklasikan diri sebagai bakal calon (balon) Walikota Tomohon untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tomohon 2020. Dirinya menyatakan maju sebagai balon kepala daerah lewat Partai Golkar (Golongan Karya).

Untuk mendapat ‘tiket’ Calon Walikota Tomohon, ternyata Syerly harus bersaing ketat dengan kader Partai Golkar lainnya, seperti Miky Junita Linda Wenur dan Jilly Gabriela Eman. Saingan terberat, yakni Jilly yang notabene adalah anak dari Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman yang merupakan Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) II Partai Golkar Kota Tomohon.

Persaingan diinternal Partai Golkar untuk mendapatkan ‘tiket’ Calon Walikota Tomohon ternyata, menurut sejumlah warga berimbas pada Syerly Adelyn Sompotan selaku Wakil Walikota Tomohon saat ini. Syerly dianggap sedang dalam posisi lemah dan dikucilkan pada jajaran pemerintahan di Kota Tomohon.

Ibu wakil walikota kita sangat tertekan karena dipinggirkan. Saya lihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana seorang oknum lurah mengacuhkan ibu Syerly yang datang didekatnya. Lurah itu bahkan cuma main Hp (handphone), kendati wakil walikota berupaya menyapanya,” kata Lucky P, warga Kelurahan Tinoor I, Kecamatan Tomohon Utara, Senin 24 Februari 2020.

Pilkada Tomohon, Siapa Bakal Dapat ‘Tiket’

Penilaian senada disampaikan Meske Kojongian, warga Woloan I Utara, Kecamatan Tomohon Barat.

Pejabat-pejabat kantor walikota seperti sepakat menjauhi wakil walikota. Luar biasa dorang pe cara. Dulu sangat hormat, tapi sekarang berbalik seakan ‘memusuhi’ ibu wakil walikota. Pak Walikota juga seperti meminggirkan ibu,” ujarnya.

Mereka Melayani Siapa?

Disisi lain, salah satu pejabat setingkat eselon empat yang minta namanya jangan disebut menyodorkan pujian pada Syerly A Sompotan.

Ibu Syerly kesulitan dan menderita karena ulah segelintir pejabat yang ingin aman disekitar walikota. Padahal ibu Syerly berjasa besar termasuk membangun objek wisata dari uang sendiri,” ungkap pejabat berinisial ST tersebut.

Jerry Berharap Pemkot Kembalikan Cita-cita Pembentukan Kota Otonom Tomohon

Isu pecah kongsi antara Walikota dan Wakil Walikota Tomohon diklarifikasi salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Jenny Sompotan.

Antara pak walikota dan ibu wakil walikota tidak ada gesekan. Buktinya, pak walikota tetap memberikan kesempatan pada ibu Syerly untuk melaksanakan tugas lain. Tapi entahlah, apakah semua pejabat memang baik-baik saja dalam hal ini,” kata Jenny yang duduk sebagi wakil rakyat di Komisi I DPRD Tomohon.

Faksi

Pilkada 2020 ini, DPD II Partai Golkar seakan terpecah dua faksi, yakni kepada Syerly Adelyn Sompotan yang kabarnya didukung Ketua DPD I Partai Golkar Sulut, Christiany Eugenia ‘Tetty’ Paruntu. Faksi lainnya adalah dukungan kepada Jilly Gabriela Eman dan Miky Junita Linda Wenur. Miky dan Jilly dikabarkan mendapat dukungan dari Jimmy Feidie Eman, selaku Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tomohon. Dukungan ‘mati-matian’ diberikan Jimmy Feidie Eman kepada Jilly Gabriela Eman yang notabena adalah anaknya.

Siapa Politisi Tomohon yang ‘Berani’ Bertarung di Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Sulut?

Miky Junita Linda Wenur terkesan masih percaya diri apabila akan mendapat dukungan sebagai Calon Walikota Tomohon pada Pilkada 2020 ini.

Kita tampil seperti ini bukan sekedar action atau gaya-gayaan. Kami tetap maju sekalipun tidak diakomodir oleh Golkar,” tegasnya kepada wartawan. | JOPPY JW

Leave a Reply