Polda Sulut Ketambahan 4 Unit Kapal Patroli
Empat unit kapal patroli bantuan Mabes Polri, Kamis 11 Februari 2021, diresmikan Kapolda Sulut, Irjen RZ Panca Putra bertempat di galangan kapal Kompol Sudartono Mako Ditpolairud Polda Sulut, Tandurusa, Bitung.

Polda Sulut Ketambahan 4 Unit Kapal Patroli

BITUNG, publikreport.com – Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan bantuan 4 unit kapal patroli bagi Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut). Keempat unit kapal patroli polisi itu, terdiri dari 2 unit tipe RIB Intercep dan 2 unit Ship Tender Raptor 480, masing-masing RIB XV-01 Pragiwaka, RIB XV-02 Prayudha, Ship Tender XV-02 Rahandika, dan Ship Tender XV-03 Zehira.

Kamis 11 Februari 2021, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen) RZ Panca Putra meresmikan keempat kapal patroli itu bertempat di Galangan Kapal Kompol (Komisaris Polisi) Sudartono Markas Komando (Mako) Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Sulut, Tandurusa, Bitung.

“Agar digunakan dengan sebaik-baiknya dalam bertugas, demi memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sulawesi Utara,” pesan Irjen RZ Panca Putra.

Kapal bantuan Mabes Polri ini, Panca mengatakan, untuk mendukung sekaligus mengawal pelaksanaan program prioritas pemerintah dalam hal ini pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Tak lupa saya juga berharap agar dilakukan perawatan secara berkala dan baik terhadap empat kapal ini, supaya bisa dipakai dalam jangka panjang serta tetap memiliki kemampuan yang baik juga,” ujarnya.

Peresmian ditandai dengan pemecahan kendi dan penyiraman air kembang pada badan kapal oleh Kapolda Sulut, Irjen RZ Panca Putra, kemudian Wakapolda (Wakil Kepala Kepolisian) Brigjen (Brigadir Jenderal) Rudi Darmoko, Direktur (Dirpolairud) Kombes (Komisaris Besar) Edward Indharmawan Eka Chandra, dan Kombes Pol Kukuh Prabowo.

Dilanjutkan peninjauan kapal dan peralatan pendukungnya, kemudian pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng lalu diberikan kepada para personil yang mengawaki empat kapal tersebut. Rangkaian peresmian diakhiri dengan peragaan keempat kapal tersebut, di perairan depan Mako Ditpolairud. | RIZAL M

Tinggalkan Balasan