PP Terbit, Pemprov Siapkan Pembangunan KEK Likupang
KEK Pariwisata Likupang.

PP Terbit, Pemprov Siapkan Pembangunan KEK Likupang

  • Post author:
  • Post category:Manado

MANADO, publikreport.com – Pascaditetapkannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 Tahun 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut langsung menyiapkan pembangunan di kawasan itu. Selasa 14 Januari 2020, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Edwin Silangen memimpin rapat koordinasi (rakor) pembangunan KEK Likupang di ruang kerjanya.

Dalam pengembangan KEK Likupang yang berdaya saing, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), serta masyarakat sekitar KEK tersebut berada. Dukungan itu harus terencana, terintegrasi, dan dilaksanakan secara berkesinambungan,” kata Edwin.

Dukungan tersebut terkait dengan pembangunan infrastruktur penunjang KEK yaitu pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), jalan, listrik, lahan hingga faktor penting lainnya yaitu ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia) pariwisata.

Selain regulasi yang menarik minat investor untuk berinvestasi di KEK Likupang, SDM juga sangat penting. Nantinya dibutuhkan ribuan tenaga kerja di sana,” jelas Edwin.

Diketahui, KEK Likupang yang dibangun di atas lahan seluas 197,4 hektar ini akan dikembangkan resort, akomodasi, entertainment dan MICE. Sedangkan, di luar area KEK akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan Yacht Marina. Pengembangan kawasan ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama akan dibangun sekira 92,89 hektar pada kurun waktu tiga tahun, yaitu 2020 hingga 2023.

BACA JUGA: Sekretaris Kemenko Perekonomian: KEK Bertujuan Menciptakan Lapangan Kerja, dan…