Prosedur Penerbitan KK dan KTP Bagi WNA yang Menikah dengan WNI
Ilustrasi.

Prosedur Penerbitan KK dan KTP Bagi WNA yang Menikah dengan WNI

Saya baru saja melangsungkan pernikahan campuran dengan pria WNA asal Inggris di Indonesia secara muslim di KUA Bandung. KTP saya adalah KTP Jakarta. Karena tempat kerja saya di Bandung dan keluarga saya berasal dari Tasikmalaya, maka saya melangsungkan pernikahan di Bandung dengan proses numpang menikah di KUA Bandung.
Pertanyaan saya adalah:

  1. Pernikahan campuran yang sudah saya proses di KUA Bandung, apakah perlu diregistrasikan lagi ke Catatan Sipil atau tidak?
  2. Jika iya, harus diregistrasi di Catatan Sipil mana, Bandung atau Jakarta?
  3. Mohon petunjuk untuk prosedur proses update status perkawinan saya di KTP, serta apakah benar Kartu Keluarga nanti harus dibuat surat domisili untuk suami saya dulu, padahal dia tidak menetap di Indonesia?
  4. Dan bagaimana prosedur pembuatan KTP untuk suami saya?

Terima kasih banyak sebelumnya.

Jawaban:

Intisari:

Pencatatan perkawinan menurut agama Islam dilakukan oleh Pegawai Pencatat, yang mana berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007 tentang Pencatatan Nikah, Pegawai Pencatat Nikah (PPN) yang dimaksudkan di sini adalah pegawai pencatatan Kantor Urusan Agama (“KUA”), sehingga perkawinan campuran yang Anda lakukan di KUA Bandung tidak perlu diregistrasikan kembali ke Catatan Sipil karena bagi yang menganut agama Islam dicatatkan pada KUA.

Jika memang suami Anda yang berkewarganegaraan asing itu tidak menetap di Indonesia, hal ini akan menyulitkan proses penerbitan Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya. Ia harus pindah dalam wilayah Republik Indonesia dan wajib melaporkan rencana kepindahannya kepada Instansi Pelaksana di daerah asal. Dengan catatan, ia memiliki Izin Tinggal Tetap terlebih dahulu. Berdasarkan laporannya itu, maka Instansi Pelaksana mendaftar dan menerbitkan Surat Keterangan Pindah Datang sebagai dasar penerbitan KK dan KTP nya.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Ulasan:

Terima kasih atas pertanyaan Anda.