PUBLIKREPORT.com

Proyek Air Bersih Dikeluhkan Warga

INGIN BERITA DIBACAKAN: http://

Sejak dipasang pada awal tahun 2018, pipa air bersih ini cuma sekali keluar air. Itupun pada saat ujicoba. Waktu itu terjadi kebocoran dimana-mana, sehingga langsung dimatikan. Sampai sekarang ini tidak pernah digunakan”

Johanis Lala, warga Kelurahan Wailan, Kecamatan Tomohon Utara.

***

Benar-benar keterlaluan ini penanggung jawab penggunaan uang negara di Tomohon. Apa hebatnya pemerintah dan DPRD kita dalam hal ini, menangani pemasangan pipa air bersih saja tak mampu”

Marten Kalele, warga Kelurahan Rurukan I, Kecamatan Tomohon Timur.

TOMOHON, publikreport.com – Sejumlah warga Kota Tomohon terutama yang ada di Kecamatan Tomohon Utara dan Tomohon Timur mengeluhkan proyek air bersih yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DinPUPR) Kota Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2018-2019. Pasalnya, menurut warga, proyek air bersih itu tidak tuntas, bahkan mengalami kerusakan sebelum digunakan. Warga menduga hal ini karena pengerjaannya tidak sesuai ketentuan.

Sejak dipasang pada awal tahun 2018, pipa air bersih ini cuma sekali keluar air. Itupun pada saat ujicoba. Waktu itu terjadi kebocoran dimana-mana, sehingga langsung dimatikan. Sampai sekarang ini tidak pernah digunakan,” ungkap salah satu warga Kelurahan Wailan, Kecamatan Tomohon Utara, Johanis Lala.

Persoalan ini, menurut Johanis, seakan hanya dibiarkan oleh pemerintah lewat instansi terkait, padahal diduga telah merugikan keuangan negara.

Ini masalah seperti dibiarkan dan didiamkan begitu saja. Pemerintah dan anggota DPRD Tomohon sepeti tidak peduli, padahal proyek ini menggunakan uang negara yang besar,” ujarnya.

BACA JUGA: Jaringan Pipa Air Terkesan Asal Pasang

Terpisah, salah satu warga Kelurahan Rurukan I, Kecamatan Tomohon Timur, Marten Kalele mengungkapkan, pipa air bersih selain tidak pernah digunakn karena bocor, jaringan pipa yang dipasang di Rurukan I, hanya menyumbat saluran air.

Benar-benar keterlaluan ini penanggung jawab penggunaan uang negara di Tomohon. Apa hebatnya pemerintah dan DPRD kita dalam hal ini, menangani pemasangan pipa air bersih saja tak mampu,” tegasnya.

DinPUPR Kota Tomohon saat berkali-kali coba dikonfirmasi ternyata pejabat yang berwenang selalu tidak berada di kantor.

Yang menangani ini sementara tugas luar. Nanti cek ulang lagi,” ungkap salah satu staf di DinPUPR akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Layanan Air Bersih di Kota Tomohon

Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Johny Runtuwene saat dimintai tanggapan mengaku belum bisa bicara secara spesifik mengomentari masalah tersebut.

Sebagai wakil rakyat, kita memang berkewajiban untuk memastikan semua permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat langsung ditangani pihak terkait. Tapi untuk saat ini kita belum bisa masuk terlalu jauh karena di DPRD belum terbentuk fraksi dan komisi-komisi,” katanya.

Permasalahan air bersih, menurut Johny, adalah masalah krusial yang butuh penanganan serius pemerintah.

Kemarau panjang dan krisis air bersih disejumlah titik adalah isu sensitif saat ini yang perlu penanganan komprehensif. Pemerintah harus menjawab ini secara cepat, apalagi kalau ternyata ada masalah tehnis atau pelanggaran di proyek terkait. Ini harus digaris bawahi,” tegasnya. JOPPY JW

BACA JUGA: EMAS yang Tak Berkilau

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Tentang Sampah, Warga Nilai Pemerintah Tidak Serius

Read Next

Sepeda Motor Dibakar Orang Tak Dikenal

Leave a Reply