Tempat Pemungutan Suara (TPS) V, Desa Kembes, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu 28 April 2019, melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.
Tempat Pemungutan Suara (TPS) V, Desa Kembes, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu 28 April 2019, melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

PSU Pemilu di Desa Kembes 2, Pemilih 100% Plus

POLITIK

TONDANO, publikreport.com – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) V, Desa Kembes, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu 28 April 2019, direspons dengan antusias warga. Warga pemilih di TPS V, Desa Kembes 2 yang masuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Kabupaten Minahasa berbondong-bondong memberikan suara.

Pemilih di TPS V yang berlokasi di jaga 7 ini adalah gabungan warga jaga 6 dan 7. Ada 331 pemilih yang masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap). Walaupun pemilihan ulang, tapi warga tetap semangat. Sejak pagi warga sudah berbondong-bondong datang di TPS,” kata Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kembes 2, Allan Liow.

Warga yang menggunakan hak pilih pada Pemilu, Rabu 17 April 2019, lalu, sambung Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS V, Herce Mailangkay, semuanya kembali menggunakan hak pilihnya. Pada 17 April lalu ada 293 warga yang menggunakan hak pilihnya. Bahkan sekarang ada 296 orang yang menggunakan hak pilihnya.

Atinya 100% plus hadir kembali pada PSU hari ini,” ungkapnya.

BACA JUGA: 49 TPS se-Sulut Bakal PSU Pemilu 2019

BACA JUGA: KPPS Sakit dan Meninggal Bakal Dapat Santunan

BACA JUGA: Ini Ketentuan PSU Pemilu 2019 di Dapil 1 Tomohon

BACA JUGA: Polisi Kawal Logistik PSU Pemilu 2019

Dari pantauan publikreport.com, PSU di Desa Kembes 2 berlangsung aman dan lancar dengan penjagaan ketat personil Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado. Nampak hadir, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu Kabupaten Minahasa, Camat Tombulu, Hukum Tua Desa Kembes, Albert Kindangen para saksi partai politik (parpol) serta sejumlah tim sukses para calon anggota legislatif (caleg).

Sebelumnya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa, Rendy Umboh menjelaskan, pelaksanaan PSU di 2 TPS Kabupaten Minahasa dilakukan karena didapati ada yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), DPTb (Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan tidak mengantongi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) maupun Surat Keterangan (Suket), tapi memberikan suara.

Sebelum dikeluarkan rekomendasi, kami telah melakukan penelitian dan pemeriksaaan. Bahkan telah mengantongi alat bukti, bahwa memang orang yang memberikan suara di TPS itu tak memenuhi syarat,” jelasnya.

Diketahui, 2 TPS di Kabupaten Minahasa yang melaksanakan PSU Pemilu 2019, selain TPS V, Desa Kembes 2, juga di TPS 2, Desa Tember, Kecamatan Tompaso. | JOPPY JW

Leave a Reply