You are currently viewing Ratko Mladic Bilang Ini saat Pimpin Pembantaian Srebenica Bosnia
Ratko Mladic. (Foto: AP/Martin Meissner).

Ratko Mladic Bilang Ini saat Pimpin Pembantaian Srebenica Bosnia

DAFTAR dakwaan terhadap Jenderal Ratko Mladic panjang dan berisi jenis kejahatan paling mengerikan, yang dilakukan di Bosnia. Pengadilan Kriminal Internasional di Den Hague, Belanda, memvonis Mladic terbukti melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida pada Kamis, 22 Nopember 2017.

Lalu apa yang dilakukan Mladic pada 1990an saat terjadi perang di Balkan? Media USA Today, Kamis, 22 Nopember 2017, melansir Mladic dan pasukannya menghancurkan kota-kota dan desa-desa di Bosnia, Herzegovina dan Kroasia antara April 1992 dan Juli 1995.

Mladic dianggap bertanggung jawab terhadap tewasnya ribuan warga sipil, melakukan pengusiran paksa warga dari rumahnya secara sistematis dan melakukan pemerkosaan terhadap warga non-Serbia selama perang Balkan.

“Dia juga dianggap bertanggung jawab terhadap pengepungan dan pengeboman tiga tahun terhadap kota Sarajevo,” begitu dilansir USA Today. “Dia juga terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan genosida terhadap warga sipil di kota Srebenica.”

Media ini juga melansir kata-kata Ratko Mladic saat perang yang terekam. “Tembak hanya pada tubuh! Hanya pada Tubuh! Mereka tidak punya apa-apa. Mereka hanya punya senjata yang sederhana saja,” begitu kata perintah Mladic lewat radio panggil kepada pasukannya saat mereka menyerbu daerah perlindungan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Srebenica.

Leave a Reply