Kepolisian membantu proses evakuasi warga dan kelancaran lalu lintas akibat banjir yang melanda wilayah Poigar Bolmong.
Kepolisian membantu proses evakuasi warga dan kelancaran lalu lintas akibat banjir yang melanda wilayah Poigar Bolmong.

Ratusan Rumah di Poigar Terendam Banjir

BOLMONG, publikreport.com – Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir melanda wilayah Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan beberapa titik lainnya.

“Banjir merendam ruas jalan dan permukiman,” kata Kapolsek Poigar, Ipda Kahari Rabu 07 Februari 2017 malam.

Banjir ini, Kahari menjelaskan, akibat meluapnya anak sungai Desa Nonapan dan Nonapan Baru. Jalan Trans Sulawesi terendam air setinggi 60 cm di sepanjang 300 meter.

Permukiman warga yang terendam banjir, di antaranya Desa Wineru 70 rumah, Desa Nonapan Baru 35 rumah, Desa Nonapan 55 rumah, Desa Mariri Baru 10 rumah, Desa Gogaluman 40 rumah, Desa Poigar II 25 rumah, Desa Poigar III 30 Rumah dan Desa Modatong 25 rumah.

“Ketinggian air yang menggenangi rumah warga bervariasi antara 10 hingga 30 cm,” ucapnya.

BACA: Longsor Landa Ruas Jalan Rurukan-Tondano

BACA: Waspadai Infeksi Bakteri dan Jamur Akibat Banjir

Atas peristiwa ini, Polsek menurunkan personil guna membantu kelancaran lalu lintas dan mengevakuasi warga.

“Hingga saat ini situasi masih aman. Tidak ada korban jiwa, namun kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan hati hati,” tuturnya.

Bhabinkamtibmas, Kahari menambahkan, terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan mendata warga baik yang masih berada di kebun atau di wilayah genangan banjir agar bisa melakukan tindakan cepat, mengingat hujan sampai dengan saat ini masih terus turun jangan sampai terjadi banjir susulan.

Kapolres perintahkan anggota siaga bencana

Kapolres Bolmong AKBP Gani F Siahaan menginstruksikan kepada seluruh Polsek jajaran agar mewaspadai cuaca ekstrim ini jika terjadi bencana alam.

“Monitor situasi kondisi alam di wilayahnya apabila ada bencana alam agar segera dilaporkan dan diminta back up dari Basarnas dan berdayakan rayonisasi untuk bantu korban bencana,” instruksinya. | RIO YANTO

Leave a Reply