Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ratusan Warga Kawanua Telah Keluar dari Wamena

MANADO, publikreport.com – Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) serta Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulut, menyebutkan sekitar 500 warga Kawanua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, telah keluar dari daerah itu. Sementara 350 warga Kawanua berada di Rumah Sakit (RS) AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) dan 100 warga Kawanua berada di penampungan di Jayapura.

Data ini didapatkan BPBD, Dinsos dan Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut setelah melakukan koordinasi dnegan Kerukunan Keluarga Kawanua Jayapura.

Pengumpulan data ini dilakukan setelah Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw memerintahkan stakeholder terkait untuk berkoordinasi membantu warga yang terdampak bencana kerusuhan.

BACA JUGA: PR III Unima dan Rektor Unsrit: Mahasiswa Papua Tidak Pulang

BACA JUGA: Mahasiswa Papua: Di Manado Kami Dihormati

Pemerintah Provinsi Sulut terus berkoordinasi untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan mendesak para warga. Pemerintah Provinsi Sulut juga telah menyurat ke Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) untuk bantuan pesawat Hercules yang rencananya akan mengangkut para warga. Dinsos Sulut juga melakukan koordinasi terkait bantuan makanan yang diperlukan warga,” tulis hubmaspemprovsulut.com, Selasa 01 Oktober 2019. | VERONICA DSK

Leave a Reply