You are currently viewing Resep Bakpao Karakter ‘CharPao’
Ilustrasi.

Resep Bakpao Karakter ‘CharPao’

BAKPAO atau Pao adalah makanan khas Tionghoa yang berupa Roti manis yang dikukus dan didalamnya terdapat isian atau filling berupa daging ayam atau sapi yang dihaluskan dan dibumbui, kacang merah atau kacang hijau, selai buah buahan atau srikaya dan isian lain sesuai selera.

Bakpao biasanya berbentuk bulat dan berwarna putih, tetapi di Jepang dimulai Bakpao berwarna warni yang dibentuk dan dihias sedemikian rupa sehingga membentuk karakter tokoh kartun atau hewan yang lucu. Bakpao jenis ini biasa disebut Charpao atau Character Pao.

Resep Bakpao Lembut

  • 250 ml air
  • 6 gram ragi
  • 3 sdm gula pasir
  • 250 gram Tepung protein tinggi
  • 3 gram Unipan
  • 50 gram Mentega putih
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat Bakpao Karakter ‘ChaPao’

Campurkan Ragi, gula dan 125 mL air, aduk rata, diamkan hingga terdapat gelembung -gelembung dalam adonan

Tambahkan tepung, Unipan dan 125 mL air lalu uleni hingga kalis elastis

Tambahkan garam dan Mentega putih yang telah dicairkan (dalam keadaan dingin) aduk rata, lalu gilas hingga rata, sesekali banting-banting adonan hingga benar-benar kalis elastis, sisihkan sedikit adonan untuk diwarnai dan dibentuk

Ambil adonan masing-masing 20 gram, isi dengan filling, bentuk dan beri warna sesuai selera.

Diamkan adonan hingga mengembang sempurna

Kukus kurang lebih 10 menit atau hingga matang.

Cara Membuat Isian Bakpao

Isian Bakpau bisa beragam, kali ini akan dibahas membuat isian bakpau berupa daging ayam, daging sapi, kacang hijau, kacang merah. Selain isian ini, Bakpao dapat juga diisi selai beraneka rasa.

Isian Kacang Hijau : Campurkan 100 gram gula, 100 ml santan cair dan 1/2 sdt vanili, masak hingga mendidih lalu masukan 150 gram kacang hijau kupas yang telah direndam selam 3 jam dan dikukus hingga matang. Aduk rata hingga mengering. Jika dirasa kurang halus bisa ditumbuk kembali

Leave a Reply