Residivis Pencurian Ternak Ditangkap Karena Mencuri Sepeda Motor
Kapolres Boltim, AKBP Irham Halid pada konferensi pers tentang penangkapan tersangka kasus curanmor, Sabtu 20 Maret 2021.

Residivis Pencurian Ternak Ditangkap Karena Mencuri Sepeda Motor

KRIMINALITAS

BOLTIM, publikreport.com – Lelaki berinisial HL (53), warga Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), ditangkap tim gabungan yang terdiri dari Reserse Mobile (Resmob) Kepolisian Resort (Polres) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Polres Kotamobagu dan Polres Bolmong. HL yang merupakan residivis pencurian hewan ternak dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ditangkap karena dilaporkan diduga telah melakukan pencurian sepeda motor.

Kasus ini terungkap, menurut Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Boltim, Ajun Komisaris Besar (AKBP) Irham Halid, setelah satu warga, Yusni Potabuga (48), warga Nuangan Barat, Sabtu 06 Maret 2021, melaporkan apabila dirinya telah kehilangan sepeda motor Honda Revo DB 2997 NK warna hitam hijau saat diparkir di Perkebunan Ratakamiri, Desa Idumun, Kecamatan Nuangan.

“Tersangka telah beraksi di lima TKP (Tempat Kejadian Perkara) di wilayah Bolmong raya. Tersangka merupakan residivis kasus serupa dan juga pencurian hewan ternak sapi,” kata AKBP Irham Halid, pada konferensi pers Sabtu 20 Maret 2021.

Saat melakukan aksinya, Irham menjelaskan, tersangka awalnya naik taksi gelap lalu turun di Molobog lalu berjalan kaki untuk mencari sepeda motor yang hendak dicuri. Setelah mendapatkan target, tersangka mematahkan kunci setir dan mencabut soket untuk menghidupkan mesin. Selanjutnya tersangka menyembunyikan sepeda motor tersebut di perkebunan Moyat Desa Lolayan.

Tersangka lalu menyuruh anak lelakinya berinisial FL untuk mengambil dan kemudian menjual sepeda motor tersebut. FL menjual sepeda motor di Desa Mopait, Lolayan, seharga Rp3,2 juta. Dari hasil penjualan, FL mendapat upah sebesar Rp1 juta. Sedangkan sisanya diambil HL.

Personil yang melakukan penyelidikan atas kasus curanmor dalam pengembangannya mendapat informasi, apabila Senin 15 Maret 2021, pagi, FL akan menjual sepeda motor Yamaha Vixion hasil curian disalah satu bengkel di Pobundayan. Tim kemudian mengamankan FL saat hendak bertransaksi.

Dari hasil interogasi polisi, FL mengatakan, tiga hari kemudian atau Rabu 18 Maret 2021, ayahnya akan menuju Kotamobagu. Tim kemudian juga mengamankan HL beserta sepeda motor Yamaha Vixion warna putih.

Dihadiapan polisi, HL mengakui telah mencuri sepeda motor Honda Revo di perkebunan Idumun, dan sudah dijual oleh FL di Mopait. Tim selanjutnya menuju Desa Mopait dan berhasil mendapati barang bukti. HL beserta barang bukti kemudian diamankan di Mapolres Boltim. | RIO YANTO

Tinggalkan Balasan