You are currently viewing Ribuan Rumah di Tomohon Dianggap Tak Layak Huni
Pemerintah setempat sudah berkali-kali membuat pagar dan memasang tanda larang jangan membuang sampah. Namun, sampah dari berbagai jenis masih terlihat di jurang yang berada di jalan lama antara Kelurahan Rurukan dan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur, tepatnya berada dekat SD Inpres Rurukan. Warga yang kerap melintasi jalan lama ini sangat menyayangkan masih adanya warga atau bahkan disinyalir dari sekolah itu yang masih membuang sampah secara sembarangan. (foto: donnyturang/publikreport.com)

Ribuan Rumah di Tomohon Dianggap Tak Layak Huni

TOMOHON, publikreport.com – Data hingga tahun 2018, jumlah keluarga di Kota Tomohon sebanyak 30.825. Dengan jumlah rumah hunian sebanyak 19.297 dan kekurangan rumah sebanyak 11.428.

Data ini dipaparkan Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman pada sosialisasi kebijakan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di rumah dinas Walikota Tomohon, Kamis 13 Juni 2019.

Konsep ideal satu keluarga menghuni satu rumah, sesuai amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28,” kata Jimmy.

BACA JUGA: Malam Hari, Tomohon Gelap
BACA JUGA: Penghuni Perum Tomohon Griya Permai Ancam Proses Hukum Developer

Data 2018, Jimmy mengatakan, jumlah rumah layak huni sebanyak 17.855 rumah, dan rumah tidak layak huni sebanyak 1.542 unit tersebar di 44 kelurahan.

BACA JUGA: Di Tomohon, Daerah Ini Tanpa Trotoar dan Drainase yang Memadai
BACA JUGA: Lahan Persawahan di Tomohon Mulai Tergusur Permukiman

Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah ditetapkan bahwa urusan perumahan merupakan salah satu urusan wajib pelayanan dasar pemerintah,” jelasnya. | VICTORIE WUWUNG

Leave a Reply