PUBLIKREPORT.com

Ronny Sompie Dicopot dari Dirjen Imigrasi

Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Ronny Sompie memberikan keterangan pers terkait surat pencekalan Rizieq Shihab di Jakarta, Selasa, 12 November 2019. Dalam keterangan pers tersebut disebutkan belum pernah menerbitkan surat pencekalan terhadap Rizieq Shihab karena pemerintah tidak mempunyai hak untuk menangkal WNI kembali ke Indonesia. (foto: antara)

“Per siang ini”

Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan HAM.

JAKARTA, publikreport.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly mencopot Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Sompie dari posisinya.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan Ronny difungsionalkan agar tak ada konflik kepentinganan.

“Per siang ini,” ungkap Yasonna saat ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 28 Januari 2020.

Ronny dilantik oleh Menkumham, Yasonna Laoly pada medio Agustus 2015.

Beberapa hari ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi sedang menjadi sorotan dalam kasus yang menyeret Calon Anggota Legislatif PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Harun Masiku dalam perkara suap mantan Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum), Wahyu Setiawan.

Imigrasi sempat menyebut Harun berada di Singapura saat KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menggelar rangkaian operasi tangkap tangan yang menyeret Wahyu Setiawan.

Sementara itu, Tempo menemukan fakta bahwa Harun sudah pulang ke Indonesia ketika KPK menggelar OTT (Operasi Tangkap Tangan) tersebut pada 08 Januari 2020. Istri Harun pun membenarkan bahwa sang suami sudah pulang.

Belakangan, Imigrasi pun mengakui Harun sudah pulang. Mereka beralasan ada kesalahan sistem sehingga terlambat mengetahui kepulangan Harun.

BACA JUGA: Dirjen Imigrasi Amati MPP Pemkot Tomohon

 

TEMPO.co

Read Previous

Pilkada Tomohon, Siapa Bakal Dapat ‘Tiket’

Read Next

Warga Minta Desa Treman Jadi Desa Budaya

Leave a Reply