Usai melakukan pemeriksaan kesehatan, personil TNI dan Polri serta petugas kesehatan dari Puskesmas melakukan foto bersama di depan rumah singgah ODP di Desa Binebas, Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulut, Selasa 26 Mei 2020.
Usai melakukan pemeriksaan kesehatan, personil TNI dan Polri serta petugas kesehatan dari Puskesmas melakukan foto bersama di depan rumah singgah ODP di Desa Binebas, Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulut, Selasa 26 Mei 2020.

Salah Satu Aktivitas di Rumah Singgah Desa Binebas

SANGIHE, publikreport.com – Sejumlah Orang Dalam Pemantaua (ODP) diisolasi di rumah singgah Desa Binebas, Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Selasa 26 Mei 2020, Babinsa (Bintara Pembina Desa), Sersan Dua (Serda) Junior Simon, melakukan pendampingan medis kepada tim kesehatan dari Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat). Mereka melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang diisolasi.

“Warga yang dikarantina, belum tentu positif Virus Corona. Tetapi sebagai langkah antisipasi kita terus melakukan pengecekan kesehatan setiap harinya. Dan kita mengimbau warga agar tidak perlu takut dan panik, percayakan tugas ini pada kita yang bertugas,” jelasnya.

Pencegahan penyebaran wabah Virus Corona terus dilakukan diberbagai daerah. Selaku aparat kewilayahan, menurut Junior, Babinsa bersama tiga pilar mempunyai tugas dan tanggung jawab mendampingi Tim Gugus Tugas Covid-19, dalam melakukan pengecekan mengambil sampel darah dan mengecek suhu badan warga yang masuk sebagai ODP.

Usai melakukan pendampingan, Junior mengimbau warga agar menaati kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Antaranya, mengurangi kegiatan di luar rumah yang sifatnya menimbulkan keramaian. Apabila kegiatan di luar rumah sangat penting, tetap jaga jarak dengan orang disekitar dan selalu gunakan masker.

BACA JUGA: Indonesia Menuju New Normal

“Kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang cara-cara pencegahan menimbulkan kerawanan penyebaran Covid-19. Sehingga sosialisasi, imbauan dan anjuran pemerintah harus kita sosialisasikan terus-menerus, agar masyarakat paham dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Patroli gabungan

Di tempat terpisah, Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa bersama Kepolisian Resort (Polres) Minahasa dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pemerintah Kabupaten Minahasa, kembali menggelar patroli, Senin 25 Mei 2020, malam.

Tim dibagi ke rute-rute wilayah yang akan dipantau terkait suasana perayaan Idul Fitri, serta titik-titik lokasi yang menjadi prioritas untuk diwaspadai berkaitan dengna perkembangan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

“Semua rute, sasaran patroli ditentukan aparat kepolisian. Personil Kodim membantu dalam pelaksanaan patroli itu,” kata Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 1302/Minahasa, Kapten (Inf) Ramli. | VEBE/RIO YANTO

Leave a Reply