Salah Satu Kepala Dinas Akui Pernah Ditahan Karena Kasus Korupsi
Ilustrasi.

Salah Satu Kepala Dinas Akui Pernah Ditahan Karena Kasus Korupsi

KOTAMOBAGU, publikreport.com – “Yang pasti saya sempat ditahan soal kasus Tipikor,” ungkap MS, salah satu Kepala Dinas dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.

Saat itu, MS mengatakan, dirinya menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjan Umum (DinPU) di Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo dan terlibat dalam kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Kendati mengaku, namun MS tidak mengungkapkan dalam kasus korupsi apa.

“Kasus sudah selesai, tapi sempat ditahan,” bebernya.

BACA JUGA: Bisakah Menjadi Kepala Dinas Jika Pernah Berstatus Tersangka?

Soal pemberhentian atau ancaman pemecatan, menurut MS, tergantung KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara). Bukan bupati atau walikota. Namun, dirinya menyerahkan semuanya kepada Pejabat Pembina Kepegawaian.

“Tidak apa-apa. Kan justru yang memecat itu dari KASN, bukan kehendak dari bupati atau walikota. Dan kalau ada perintah itu, maka bupati dan Walikota langsung mengeksekusi,” katanya.

Diketahui dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu sendiri, sudah beberapa PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang dipecat karena terlibat atau pernah menjalani hukuman. Salah satunya adalah mantan Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan, Hardi Mokodompit. Hardi dipecat karena terlibat dalam kasus seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2009 silam. | TOTABUAN.co