You are currently viewing Sampah di Masa Pandemi, Bagaimana Potensi Pemanfataan?
Limbah plastik infus, perban, selang infus, kasa dan lainnya yang bercampur dengan sampah domestik di TPA Bakung, Sabtu, 6 Februari 2021. (Foto: Derri Nugraha/mongabay.co.id)

Sampah di Masa Pandemi, Bagaimana Potensi Pemanfataan?

Dalam rantai daur ulang plastik, kata Triyono, botol PET jernih ini lebih ringan, mudah dibentuk dan lebih mudah didaur ulang serta tidak mudah pecah. Botol yang dikumpulkan dan terdaur ulang dengan baik dapat dikonversi berulang kali jadi botol PET berkualitas tinggi dan produk bermanfaat lain.

“Botol PET jernih adalah produk yang dibutuhkan industri daur ulang, jika dikelola dengan baik dapat menggerakkan ekonomi sirkular,” kata M. Bijaksana Junerosano, Managing Director Waste4Change.

Sebagai mitra pengumpulan sampah, Sprite dan Waste4Change tengah menggelar proyek #LihatDenganJernih untuk mengajak konsumen mengirimkan sampah kemasan botol PET mereka ke bank sampah mitra. Botol ini kemudian akan didaur ulang dan menjadi kacamata berbahan dasar daur ulang.

Kacamata hasil daur ulang ini, katanya, akan dibagikan untuk membantu mereka yang membutuhkan kacamata melalui Yayasan Sejuta Kacamata untuk Indonesia. Proyek ini akan berlangsung hingga April 2021. | MONGABAY.co.id

Leave a Reply