Sampah menumpuk di sungai bawah jembatan yang berada di Kelurahn Kamasi I, jalan lingkar barat Tomohon. (Foto: PUBLIKREPORT.COM)
Sampah menumpuk di sungai bawah jembatan yang berada di Kelurahn Kamasi I, jalan lingkar barat Tomohon. (Foto: PUBLIKREPORT.COM)

Sampah Hiasi Sungai di Jalan Lingkar Barat

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Sungai di bawah jembatan yang berada di bilangan Kelurahan Kamasi I, jalur lingkar barat Kota Tomohon, dipenuhi sampah-sampah rumah tangga masyarakat. Padahal di dekat sungai dan jembatan tersebut terdapat objek wisata air terjun yang indah.

Keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar ini sudah menjadi sorotan warga sekitar. Tindakan oknum tak bertanggung jawab yang kerap membuang sampah di aliran sungai itu mendapat kecaman warga yang prihatin.

“Sungguh perbuatan yang tidak terpuji jika masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Apalagi di daerah aliran sungai,” kata Allan warga Kamasi I, Kecamatan Tomohon Tengah.

Lebih memprihatinkan lagi, Allan melanjutkan, nyata-nyata di jembatan, jalan lingkar barat yang tembus ke Kakaskasen III, Kecamatan Tomohon Utara ini, telah terpampang baliho-baliho imbauan/larang untuk tidak membuang sampah di tempat itu.

“Apa mungkin mereka buta huruf? Atau memang tidak ada kesadaran akan lingkungan hidup,” ujarnya.

TPA Liar di Rurukan, Pejabat DinLH: Itu Tanggung Jawab Kelurahan

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DinLH) Kota Tomohon, Novi Politon mengaku pihaknya bersama aparatur Linmas (Perlindungan Masyarakat) dan perangkat kelurahan sudah melakukan upaya pembersihan di sungai di bawah jembatan itu. Namun, mereka kesulitan saat mengangkut sampah karena medan yang terjal.

“Kami sangat menyayangkan jika yang membuang sampah adalah warga sekitar atau Kota Tomohon. Sebab petugas pengangkut sampah rutin mengangkut sampah rumah tangga di rumah-rumah penduduk,” jelasnya kepada publikreport.com, Rabu, 11 April 2018.

Bagaimana Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah? Ini Kata Pengamat

Leave a Reply