You are currently viewing Sandiaga: Likupang Indah Sekali
Sandiaga S Uno, Menparkraf.

Sandiaga: Likupang Indah Sekali

Investor

Terkait investasi di KEK Likupang, Sandiaga mengatakan, ada lebih dari 50 investor yang berkomitmen menjajaki penanaman investasinya. Para investor tersebut turut serta dengannya ke Likupang dan mendengarkan langsung presentasi secara mendetail tentang KEK Pariwisata Likupang dalam acara Sulut Investor Forum.

“Bulan Mei kita akan mencoba mulai giatkan event ada sport tourism. Tadi kita sudah coba triathlon. Mungkin Mei akan ada (balap). Kita ingin ada turnamen kelas dunia, seperti tenis ataupun triathlon di Likupang, sehingga bisa menarik lebih banyak kunjungan dari wisatawan,” jelasnya.

Beberapa peluang investasi di KEK Likupang, Sandiaga mengungkapkan, sperti infrastruktur di dalam kawasan termasuk Sustainability Concept dan menciptakan Smart Tourist Destination (STD). Kemudian Cultural Village sebagai kunci untuk destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif untuk menggiatkan dukungan terhadap masyarakat setempat. Serta pembangunan kawasan tahap I (3 tahun pertama) di atas lahan seluas 92,89 hektare dengan nilai investasi Rp914 miliar, mencakup resort, utilitas, area komersial, danau, juga ruang terbuka hijau.

KEK Likupang yang dikembangkan PT. Minahasa Permai Resort Development (MPRD) berada di atas lahan seluas 197,4 hektare yang akan dikembangkan dalam tiga tahap. Total nilai investasi pembangunan kawasan sebesar Rp2,1 triliun dan diperkirakan menarik investasi Rp5 triliun hingga tahun 2040.

Melalui KEK Likupang diharapkan dapat mendongkrak realisasi investasi sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara, yang berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tahun 2020, mencapai Rp939,13 miliar dengan PMA (Penanaman Modal Asing) mencapai Rp80 miliar, dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) mencapai Rp859,13 miliar.

“Kita harapkan pembangunan tersebut tidak hanya terbatas kepada meningkatnya pendapatan daerah dan masyarakat sekitar, tetapi juga harus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta sosial budaya dan lingkungan terjaga dengan baik,” harap Sandiaga. | DORANG

Leave a Reply