You are currently viewing Sangihe Ekspor Ratusan Ton Ikan ke Mancanegara
Sentra Perikanan Dagho, Kecamatan Manganitu Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulut.

Sangihe Ekspor Ratusan Ton Ikan ke Mancanegara

EKONOMI & BISNIS

SANGIHE, publikreport.com – Potensi kelautan dan perikanan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) benar-benar menjanjikan dan memiliki kualitas ekspor. Buktinya, PT Jasindo Sentosa Mandiri yang beroperasi di Sentra Perikanan Dagho, Kecamatan Manganitu Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, selang Januari-Mei 2020, telah mengekspor ratusan ton ikan ke Taiwan, Thailand, Korea dan Singapura. Ekspor ikan ini via Surabaya melalui kapal tol laut.

“Sampai saat ini kami sudah mengirim 230 ton berbagai jenis ikan, seperti malalugis, deho, baby tuna dan cakalang. Dalam waktu dekat akan ada pengiriman susulan sebanyak 100 ton,” ungkap Manajer PT Jasindo Sentosa Mandiri, Wahyu Haris.

Hasil tangkapan nelayan Sangihe setiap hari mencapai 20-26 ton. Sedangkan perusahaan tersebut, hanya mampu menampung 6-7 ton hasil tangkapan nelayan. Untuk itu, Wahyu mengaku, pihaknya akan membangun pabrik es dan air blass freezer, agar dapat menampung hasil tangkap nelayan hingga 15 ton per hari.

“Agustus mendatang, bangunan itu akan segera terealisasi. Dan tahun 2021, akan ada bangunan tambahan baru untuk menampung hasil tangkap nelayan Sangihe. Kami akan membangun beberapa insfratruktur penunjang lainnya agar hasil tangkap nelayan bisa dibeli dan diekspor sesuai permintaan konsumen di dalam dan luar negeri,” katanya.

Maksud dan tujuan PT Jasindo Sentosa Mandiri, disupport Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana. Apalagi itu untuk kepentingan masyarakat, khususnya nelayan di Sangihe.

BACA JUGA: Ilegal Fishing (Kembali) Marak di Sangihe

Leave a Reply