Sangihe Kantongi 1 PDP Covid-19
Joppy Thungari, Kepala Dinkes Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sangihe Kantongi 1 PDP Covid-19

SANGIHE, publikreport.com – Satu warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin 13 April 2020, terkonfirmasi sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Joppy Thungari menjelaskan, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar Virus Corona atau telah ditetapkan sebagai daerah transmisi lokasi penyebaran Covid-19.

“Pasien berjenis kelamin laki- laki, umur 50 tahun, berasal dari Kecamatan Manganitu. Dia memiliki riwayat perjalan dari Manado, tiba di Sangihe pada Sabtu 11 April 2020, pekan lalu,” jelasnya.

Pasien tersebut, Joppy mengatkan, sebelumya telah melalukan isolasi mandiri di rumah. Tetapi setelah dua hari kemudian mengalami gejala seperti sesak napas sehingga yang bersangkutan mendatangi rumah sakit (RS).

BACA JUGA: Dampak Covid-19, Masyarakat Sangihe Bakal Diberi Gaji Harian

BACA JUGA: Covid-19, RSUD Liunkendage Siapkan Ruangan Khusus

BACA JUGA: Kuatir dengan Covid-19, Warga Tutup Akses Masuk Kampung Towoe

“Yang bersangkutan sempat melaksanakan isolasi mandiri ketika tiba dari Manado, karena mengalami sakit dengan gejala Covid- 19, seperti sesak napas, maka yang bersangkutan dengan kesadaran sendiri meminta dirawat dan saat ini sedang berada di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Liun Kendage Tahuna,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut penanganan, Joppy memastikan pasien tersebut kini sedang dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Liunkendage Tahuna, termasuk sudah diambil sampel dan telah dikirim dengan hitungan waktu kurang lebih sepekan untuk dapat diketahui hasilnya.

“Atas kejadian ini saya mengingatkan masyarakat agar tidak panik. Karena ini baru PDP bukan positif dan yang terpenting kita semua taat kepada anjuran pemerintah, diantaranya harus menggunakan masker, membiasakan diri tidak keluar rumah serta rajin cuci tangan,” imbaunya. | VEBE