PUBLIKREPORT.com

Sasmito-Ika Pimpin AJI Indonesia Periode 2021-2024

Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas yang terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekjen AJI Indonesia pada Kongres 11 AJI Indonesia yang diselenggarakan secara online, 27 Februari-03 Maret 2021.

Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas yang terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekjen AJI Indonesia pada Kongres 11 AJI Indonesia yang diselenggarakan secara online, 27 Februari-03 Maret 2021.

JAKARTA, publikreport.com – Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Indonesia. Sasmito-Ika terpilih pada Kongres 11 AJI Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, 27 Februari-03 Maret 2021. Sasmito-Ika menggantikan Abdul Manan dan Revolusi Riza yang memimpin AJI Indonesia periode 2017-2021.

Kongres yang selenggarakan secara online diikuti sekitar 400 peserta yang terdiri dari peserta delegasi dan non delegasi. Dalam sesi pemilihan, Sasmito-Ika mendapat dukungan dari 119 suara, sedangkan Revolusi Riza-Dandy Koswara memperoleh 109 suara dari total 228 suara sah.

Usai disahkan sebagai Ketua Umum AJI Indonesia, Sasmito Madrim mengatakan, tantangan yang dihadapi AJI ke depan cukup besar. Mulai dari rezim yang otoriter, regulasi yang mengancam dan banyaknya kasus kekerasan terhadap jurnalis.

“Dari segi ekonomi juga kita banyak tantangan. Selain pandemi, juga ada disrupsi digital,” kata Sasmito yang merupakan jurnalis Voice of America, Selasa 02 Maret 2021, dini hari.

Pandangan senada disampaikan Ika Ningtyas, Sekjen AJI Indonesia terpilih.

“Ini amanat yang tidak mudah di tengah tantangan luar biasa ini, mulai dari multi krisis dan belum lagi dari disrupsi digital,” ucap Ika yang tercatat merupakan jurnalis Tempo.

Read Previous

Pj Sekot Tomohon Ungkap Temukan Banyak Kekurangan

Read Next

RSUD Sulut dan RS Mata Beroperasi April 2021?