SBSI: Banyak Masalah Perburuhan di Tomohon
Rocky Paat, Ketua DPC FKUI SBSI Kota Tomohon.

SBSI: Banyak Masalah Perburuhan di Tomohon

TOMOHON, publikreport.com – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Federasi Konstruksi, Umum dan Informal (FKUI) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Tomohon, Rocky Paat menilai masih banyak permasalahan perburuhan di Kota Tomohon. Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kota Tomohon dimintanya agar lebih proaktif dalam melakukan pendataan dan penanganan permasalahan tenaga kerja.

“Salah satu contoh masalah tenaga kerja, sebagaimana terjadi di PT Kawanua Puspa Buana dengan produk penjualan Jordan Bakery. Masalah di perusahaan ini, gaji tidak sesuai UMP, karyawan masih dikontrak padahal sudah belasan tahun kerja, slip gaji tidak diberikan pada karyawan, kontrak kerja tidak diberikan dan tidak ada peraturan perusahaan,” ungkap Rocky kepada publikreport.com, Sabtu 23 Juni 2018.

Masalah tenaga kerja yang terjadi di PT Kawanua Puspa Buana ini, menurut Rocky, baru merupakan salah satu contoh.

“Banyak masalah perburuhan. Dinaker harus segera menyikapi dan menidaklanjuti semua permasalahan ini. Harus ada tindakan nyata dari instansi teknis terkait atas permasalahan perburuhan. Perusahaan yang melanggar Undang-Undang (UU) Ketenangakerjaan harus diberikan sanksi,” tegas Rocky.

BACA JUGA: Sudah Lama Bekerja Tapi Gaji Setara Karyawan Baru