You are currently viewing Sebarkan Hoaks, 2 Warga Diciduk Polisi
Salah satu penyebar hoaks yang diciduk Tim Reserse Mobile (Resmob) Mata Merah Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Talaud saat menjalani pemeriksaan di Mapolres.

Sebarkan Hoaks, 2 Warga Diciduk Polisi

KRIMINALITAS

TALAUD, publikreport.com – Tim Reserse Mobile (Resmob) Mata Merah Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Talaud, menangkap dua orang, yakni lelaki dan perempuan yang diduga telah menyebarkan hoaks melalui akun media sosial (medsos). Lelaki yang berinisial JM alias Jue (23) tercatat merupakan mahasiswa dan perempuan berinisial JMT alias Mei (29), bekerja sebagai honorer.

“Lelaki Jue telah diamankan di rumahnya yang beralamat di Kelurahan Beo Barat, Kecamatan Beo, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Sedangkan perempuan Meit diamankan di Kelurahan Melonguane Timur, Kecamatan Melonguane,” ungkap Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Kepulauan Talaud, Inspektur Satu (Iptu) Maulana Miraj, Selasa 14 April 2020.

Kabar bohong (hoaks) ini, menurut Maulana, terjadi pada 10 April 2020, sekitar pukul 22.00 WITA. Saat itu pemilik akun medsos facebook (fb) berinisial JM membagikan postingan yang bertuliskan,’selamat malam warga disampaikan bahwa tetap stay at home karna info dari kota Kota Bitung ada pasien positiv covid 19 lari 3 orang tabang. Sekarang so dikapal feri yang masuk ini malam di pelabuhan feri melonguane. Tolong disebarkan kepada teman2 atau saudarah yang ada disekitar. Salam awas.)’

“Mereka bagikan postingan melalui akun pribadinya di grup media sosial. Kami lakukan analisa sekaligus penyelidikan, selanjutnya mereka diamankan Tim Resmob Mata Merah Polres Kepulauan Talaud untuk dimintai keterangan,” jelas Maulana.

BACA JUGA: Tangkal Hoaks, Perkuat Literasi Digital

Leave a Reply