Sebelum Natal Penanganan Pasca Banjir Diminta Tuntas
Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw, Selasa 19 Desember 2017, memimpin Rakorev Penanganan Bencana di Ruang WOC Kantor Gubernur Sulut.

Sebelum Natal Penanganan Pasca Banjir Diminta Tuntas

MANADO, publikreport.com – Perbaikan infrastruktur pasca bencana banjir dan tanah longsor di Manado dan sekitarnya, harus cepat dan terintegrasi.

“Sebelum hari raya Natal sudah tuntas,” tegas Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi  Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Penanganan Bencana di Ruang WOC Kantor Gubernur PRovinsi Sulut, 19 Desember 2017.

Penanganan pascabencana, Steven menyatakan, harus dilakukan secara cepat dan terintegrasi serta komprehensif, seperti penanganan terhadap infratruktur yang rusak dan juga masyarakat yang menjadi korban bencana.

“Penanganan meliputi infrastruktur yang menjadi kewenangan pemerintah pusat maupun provinsi. Kami harap segera ditangani,” ujarnya.

H-5 atau H-3

Untuk Kota Manado, Steven melanjutkan, diharapkan segera ditangani dan tuntas H-5, kalau perlu H-3 sudah tuntas atasi sampah dan lumpur akibat terjangan banjir dan tanah longsor. Tidak saja itu, bantuan bagi warga korban banjir harus tepat sasaran. BPBD harus cek mereka yang belum dapat bantuan, karena proses penyaluran yang bermasalah.

“Informasi yang kami peroleh, bantuan bagi mereka yang jadi korban bencana belum sampai-sampai ditangan mereka. Hal ini juga harus tuntas,” tegasnya.

Pemerintah, Steven mengatakan, harus hadir di tengah-tengah korban bencana, agar masyarakat melihat dan merasakan kehadiran negara. Apalagi bagi mereka yang mengungsi dan rumah mereka yang rusak akibat terjangan banjir dan tanah longsor.

BACA JUGA: Di AS, Olly: Banjir Siklus 4-5 Tahunan

Tinggalkan Balasan