Seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) berukuran besar terdampar di pesisir pantai Minanga, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara pada Minggu, 22 Juli 2018. (Foto: BPSPL Makassar Satker Manado/Mongabay Indonesia)
Seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) berukuran besar terdampar di pesisir pantai Minanga, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara pada Minggu, 22 Juli 2018. (Foto: BPSPL Makassar Satker Manado/Mongabay Indonesia)

Seekor Penyu Belimbing Ditemukan di Pantai Minanga Minahasa. Bagaimana Nasibnya?

Minggu, 22 Juli 2018 malam itu, Marten Ratuliu, seorang nelayan Desa Minanga Tiga, berjalan santai di Pantai Minanga, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Dia kemudian terkejut ketika menemukan seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) berukuran besar terdampar di pesisir pantai.

Diduga penyu belimbing itu akan bertelur di Pantai Minanga. Keberadaan penyu langka itu kemudian diviralkan di media sosial.

Dari informasi di medsos itu, Tim gabungan yang terdiri dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Laut (BPSPL) Makassar Satker Manado, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minahasa Tenggara, Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) wilker Belang, Camat Pusomaen, Hukum Tua Minanga Dua, Mahasiswa KKN Universitas Sam Ratungi, dan masyarakat kemudian datang untuk melakukan penanganan.

Dari pengukuran morfometri oleh tim gabungan yang menangani pada Senin, 23 Juli 2018 itu diketahui penyu belimbing berukuran panjang 2,1 meter, panjang karapas 1,6 meter dan lebar 1,1 meter.

Stress dan Luka Ditangkap Nelayan. Bagaimana Akhirnya?

Kepala BPSPL Makassar, Andry Indryasworo Sukmoputro mengatakan sebelum dilepasliarkan kembali ke laut, penyu tersebut dipasang microchip tagging bernomor 991001000600301, guna memantau keberadaannya di laut.

“Sebelum dilakukan pelepasliaran, kami mengarahkan untuk dilakukan pemasangan microchip tagging pada penyu sebagai pendataan terhadap kemunculan dan status populasi penyu, khususnya penyu belimbing,” kata Andri yang dihubungi Mongabay-Indonesia pada Rabu, 24 Juli 2018.

Andri menjelaskan biasanya penyu belimbing mendarat di pesisir karena sedang mandi pasir dan beristirahat, atau akan bertelur. “Dari laporan sebelumnya, daerah pesisir itu merupakan tempat penyu belimbing melakukan pendaratan dan peneluran,” katanya.

Leave a Reply