Maria Walanda Maramis
Maria Walanda Maramis

Sejarah PIKAT (Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya)

Organisasi Percintaan Ibu terhadap Anak Temurunnya (PIKAT) adalah organisasi wanita yang didirikan oleh Ibu Maria Yosephine Catherina Walanda Maramis di Minahasa pada tanggal 08 Juli 1917. Latar belakang berdirinya adalah belum adanya kesempatan belajar bagi anak-anak wanita pribumi, Ibu Maria ingin melakukan sesuatu yang berguna untuk memajukan nasib para wanita, terdorong untuk mempersatukan kaum wanita dalam satu wadah.

Ibu Maria Walanda Maramis ingin berbuat sesuatu yang berguna untukmemperbaiki nasib anak-anak wanita yang tidak melanjutkan sekolah, karena menyadari bahwa setiap wanita harus memiliki pendidikan keterampilan sebelum berumah tangga untuk mampu mendidik anak-anaknya.

Mendirikan taman pendidikan bukanlah hal yang dapat dilakukannya seorang diri, ia harus dibantu oleh banyak orang dan ia pun menyadari bahwa untuk menarik perhatian masyarakat sangat perlu mengikutsertakan ibu-ibu yang berpengaruh, terpelajar dan di hormati. Karena itu ia terdorong untuk mempersatukan kaum wanita dalam satu wadah dan ia berpendapat bahwa sudah saatnya didirikan satu perkumpulan wanita yang dapat menampung pendapat atau buah-buah pikiran yang sangat berguna untuk kemajuan wanita.

Ibu Maria Walanda Maramis berhasil meyakinkan teman-temannya akan cita-citanya dan berdirilah perkumpulan ini dengan nama Percintaan Ibu Kepada Anak temurunnya disingkat PIKAT.

Setelah organisasi PIKAT terbentuk pada tahun 1917, maka setahun kemudian, pada tanggal 02 Juli 1918, didirikanlah sebuah sekolah bernama Huis Houd School (Sekolah Rumah Tangga) PIKAT di Manado, dengan bermodalkan semangat dan tekad yang bulat dan kerja keras dari pengurusnya pada waktu itu. Sekolah ini menampung gadis-gadis yang telah tamat SR (Sekolah Rendah) tanpa memandang bulu golongan.

Di sekolah ini gadis-gadis diberi pelajaran dan bimbingan mengenai tata cara mengatur rumah tangga dan keterampilan wanita.

Sekolah wanita ini pertama kalinya mempergunakan sebuah rumah yang dipinjamkan tanpa sewa, dalam batas waktu yang tidak ditentukan, oleh seorang pedagang Belanda yang tertarik akan cita-cita Ibu Maria Walanda Maramis itu.

1. Visi.

Meningkatkan sumber daya perempuan untuk membangun keluarga sejahtera.

2. Misi.

Melanjutkan cita – cita perjuangan Ibu Maria Walanda Maramis meningkatkan sumber daya manusia untuk berpartisipasi mengisi pembangunan bangsa Indonesia.

Geliat Juang Maria Walanda Maramis Lewat PIKAT

Organisasi wanita Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya (PIKAT) berdiri tanggal 08 Juli 1917. Terbentuknya perhimpunan perempuan ini awalnya diinisiasi oleh pejuang kaum wanita dari Minahasa, Sulawesi Utara, pada awal abad-20. Ia adalah Maria Josephine Catherine Maramis atau yang lebih dikenal dengan nama Maria Walanda Maramis.

Leave a Reply