Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sejarah Sistem Operasi (Komputer)

Sebuah PC (portable computer), laptop, smartphone ataupun device lainnya membutuhkan sistem operasi untuk dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Sistem operasi atau dalam bahasa inggris disebut sebagai operating system (OS) menjadi penghubung antara software – hardware –brainware (client).

OS ini akan mengatur supaya keseluruhan komponen di atas bisa berkomunikasi dengan baik sehingga mampu melayani kebutuhan si pengguna komputer atua client. Tanpa adanya sistem operasi, maka suatu device seperti komputer, ponsel maupun konsol game tidak bisa digunakan.

Sebab OS inilah yang nantinya akan yang mengatur seluruh perangkat yang ada di dalam alat- alat tersebut.

Pengertian sistem operasi

1. Secara Umum

Sistem Operasi merupakan suatu perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) serta perangkat lunak(Software), dan juga digunakan sebagai jurik (daemon) untuk program komputer.

Tanpa ada adanya OS, maka client tidak bisa menjalankan program aplikasi yang ada di dalam komputer mereka, kecuali hanya program booting.

Sistem operasi memiliki penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan pemakaian memori, penyimpanan data, pemrosesan data, serta sumber daya yang lainnya.

Beberapa tugas atau task di atas seharusnya dilakukan oleh perangkat lunak atau software. Namun dengan adanya OS, maka software ini tidak perlu untuk mengerjakan task tersebut.

Bagian OS yang nantinya akan melakukan tas inti tersebut dikenal sebagai Kernel.

2. Menurut Ahli

1. Abraham Silberschatz, Galvin, Gagne (2003)

Sistem operasi adalah sebuah program yang bekerja sebagai perantara antara client atau pengguna dengan hardware komputer.

Leave a Reply