Sebelum 2024 Seluruh Indonesia Terhubung Internet
Rudiantara. (Foto: Arif Fadillah/Dok. Tempo)

Sebelum 2024 Seluruh Indonesia Terhubung Internet

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan bahwa seluruh Indonesia akan terjangkau dan terhubung dengan internet berkecepatan tinggi sebelum tahun 2024.

“Saat ini Indonesia sedang membangun Satelit Palapa Ring yang ditargetkan pada akhir tahun 2018 atau awal tahun 2019 sudah siap diorbitkan,” ujarnya kepada wartawan, di sela membuka pelatihan peningkatan kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Garis Depan di Surabaya, yang berlangsung hingga Rabu 15 November 2017 dini hari.

Dia memperkirakan pada tahun 2022 Satelit Palapa Ring sudah berada di ruang angkasa. “Ini satelit internet berkecepatan tinggi, bukan satelit komunikasi,” katanya.

Pada saat Satelit Palapa Ring sudah mengorbit di ruang angkasa, Rudiantara memastikan seluruh wilayah Indonesia akan terakses internet berkecepatan tinggi.

“Saya pastikan sebelum tahun 2024 seluruh wilayah Indonesia sudah terkoneksi internet berkecepatan tinggi,” ujarnya, menegaskan.

Sementara Satelit Palapa Ring saat ini sedang dibangun, Rudiantara menyatakan pemerintah tidak akan menunggu sampai mengorbit di ruang angkasa untuk mulai menata jaringan internet berkecepatan tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut dia, mulai sekarang kementerian yang dipimpinnya telah menyiapkan infrastruktur internet berkecepatan tinggi di wilayah 3T, yaitu daerah tertinggal, terdepan dan terluar Indonesia.

“Kita sewa dulu satelitnya agar terkoneksi pada infrastruktur internet berkecepatan tinggi yang saat ini telah mulai dibangun di wilayah 3T. Nanti akan kami pindahkan kalau Satelit Palapa Ring sudah mengorbit,” katanya.

Leave a Reply