Semarak Hari Kemerdekaan RI ke-73 di Kota Tomohon
Iring-iringan pawai obor di Kelurahan Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)., Kamis, 16 Agustus 2018, malam. Pawai menyambut Hari Kemerdekan RI ke-73, 17 Agustus 2018. (Foto: Donny Turang/PUBLIKREPORT.COM)

Semarak Hari Kemerdekaan RI ke-73 di Kota Tomohon

 TOMOHON, publikreport.com – Masyarakat di beberapa kelurahan yang ada di Kota Tomohon benar-benar menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, 17 Agustus 2018. Di beberapa kelurahan bahkan mengadakan upacara bendera sendiri. Sementara Pemerintah Kota Tomohon menggelar upacara bendera di lapangan Wale Kabasaran.

Di Kecamatan Tomohon Barat, misalnya, Woloan raya dan Tara-tara raya menggelar upacara bendera dan pesta rakyat. Sama halnya dengan di Kecamatan Tomohon Timur, Kelurahan Rurukan dan Rurukan I, melakukan upacara bendera di lapangan Puskesmas Rurukan. Sedangkan Kelurahan Kumelembuai upacara di salah satu lahan kosong yang ada.

Meski melakukan upacara bendera di kelurahan masing-masing, namun semarak, semangat dan kebersamaan memperingati Hari Kemerdekaan benar-benar nampak di kelurahan-kelurahan. Masyarakat dan pemerintah, tanpa membeda-bedakan bersatu merayakan dan ‘berpesta’.

Pawai keliling kampung (kelurahan) berjalan tertib dengan di kawal aparatur Linmas (Perlindungan masyarakat) serta organisasi adat/organisasi kemasyarakatan yang ada.

Tak mengenal lelah, ‘pesta’ Hari Kemerdekaan RI ke-73 berlanjut hingga di malam hari. Dari pantauan publikreport.com dibeberapa kelurahan pesta rakyat berlangsung dengan hingga tengah malam bahkan hingga dini hari. Di awali dengan ibadah, penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, seperti lari kelereng dengan sendok, makan kerupuk, tarik tambang dan lomba-lomba rakyat lainnya, makan bersama kemudian acara dansa, dance dengan menggunakan electone (keyboard) maupun ‘disco tanah’ (sound system). Masyarakat benar-benar menikmati dan bergembira.

BACA JUGA: Kumelembuai Menyapa, ’Kerja Kita Prestasi Bangsa’