Steven Sentil Tentang Anggaran Pilkada 2020
Ilustrasi.

Steven Sentil Tentang Anggaran Pilkada 2020

MANADO, publikreport.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan akan berlangsung pada tahun 2020. Menurut Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Pilkada ini akan menyerap anggaran sebesar Rp500 miliar.

“Tahun depan kita akan melaksanakan Pilkada di Sulut. Ada enam kabupaten dan provinsi. Kami sudah kalkulas anggarannya,” kata Steven pada pertemuan konsolidasi program dan kegiatan permbangunan manusia dan kebudayaan wilayah tengah dan timur Indonesia di Hotel Peninsula, Manado, Senin 29 April 2019.

Melihat struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulut, Steven menjelaskan, belanja langsung yakni belanja modal Rp1,2 triliun. Jika Pilkada menyerap sekitar Rp500 miliar, dengan kata lain hampir 40 persen belanja modal itu terpakai membiayai Pilkada.

Kebutuhan ini akan disampaikan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Kalau pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) bisa dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Steven menyatakan, mengapa biaya Pilkada tidak bisa. Dirinya berharap ke depan pelaksanaan Pilkada tidak menggerus anggaran yang dimiliki pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota. Sebab akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat dan penyerapan anggaran pemerintah.

BACA JUGA: Pilkada Tomohon Segera Bergulir
BACA JUGA: Pilkada, VAP Nyatakan Siap

BACA JUGA: Anggaran Pemilu 2019 Capai Rp25,59 Triliun

BACA JUGA: Mereka yang Tersingkir

Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), YB Satya Sananugraha, mengaku siap mengakomodir usulan Wagub Sulut ini.

“Kami memiliki forum dialog antar kementerian. Masukan pak wagub akan kami sampaikan,” katanya. | VERONICA DSK

Leave a Reply