Ilustrasi. (Ulrich Baumgarten via Getty Images)
Ilustrasi. (Ulrich Baumgarten via Getty Images)

Sulit Berhenti Merokok, Coba 7 Cara Ini

Banyak orang sudah paham merokok berbahaya bagi kesehatan. Kita pun sangat sadar akan bahaya kesehatan yang diakibatkan oleh merokok.

Angka kematian akibat tembakau terus naik setiap tahunnya. Orang-orang merasa sangat sulit untuk bertempur dengan kebiasaan ini. Ada orang-orang yang benar-benar mencoba untuk berhenti merokok tetapi hanya segelintir yang berhasil.

Sementara banyak dari mereka masih terus menyerah pada kebiasaan ini dan semakin kecanduan. Menghentikan kebiasaan ini tidak diragukan lagi merupakan pekerjaan yang sangat sulit, tetapi masih ada banyak kisah inspiratif dari orang-orang yang telah berhasil melupakan rokok, memilih untuk hidup sehat.

Memutuskan untuk berhenti sendiri adalah tanda positif bahwa Anda dapat melakukannya. Meskipun tidak ada yang bisa berubah dalam sekejap, dengan upaya yang gigih dan pikiran positif, pertempuran bisa dipastikan akan menang seiring berjalannya waktu. Berikut ini beberapa cara untuk berhenti merokok.

  1. Daftar pemicu merokok

Saat Anda mulai dengan rencana berhenti merokok, penting untuk mengetahui pemicu merokok, seperti apa yang membuat Anda merasa seperti merokok dan kapan.Mencatat pemicu mungkin merupakan ide yang baik untuk mengidentifikasi apa yang membuat Anda melakukan kebiasaan ini. Setelah mulai mencatat pemicu, Anda mungkin akrab dengan pola kebiasaan merokok dan mulai bisa menyusun rencana mengurangi atau bahkan menghentikannya.

  1. Dapatkan bantuan dari teman dan keluarga

Mendapatkan bantuan teman-teman dan keluarga dapat memberi semua dukungan dan dorongan dari mereka. Jadi, beritahukan mereka tentang keputusan berhenti merokok dan carilah bantuan jika diperlukan.

  1. Bergabung dalam grup

Selalu ada baiknya untuk melibatkan diri dengan teman atau grup yang tidak merokok.Pengalaman berbagi dapat saling membantu dan juga membuat Anda termotivasi untuk melanjutkan rencana.

Leave a Reply