Marciano Norman, Ketua Umum KONI.
Marciano Norman, Ketua Umum KONI.

Sulut Disebut Gudangnya Atlit Berkuda, Anggar dan Tinju

OLAHRAGA

MANADO, PUBLIKREPORTcom – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman mengungkapkan, Sulawesi Utara (Sultu merupakan gudangnya atlit olahraga, khususnya berkuda, anggar dan tinju. Dirinya berharap, Sulut bakal menjadi pusat pembinaan atlit yang bisa mencapai prestasi dunia.

“Terutama untuk olahraga berkuda, anggar dan tinju. Ini harus menjadi atensi utama,” ujar Marciano Norman pada pelantikan KONI Sulut, Sabtu 19 Juni 2021.

Khusus olahraga berkuda, Marciano mengatakan, potensi tersebut diharapkan dapat mendulang prestasi di sejumlah laga bergengsi, baik di level Olimpiade, Sea Games maupun PON (Pekan Olahraga Nasional).

“Semua terletak dari dukungan kepala daerah yang memberikan atensi, khususnya pada olahraga unggulan, sehingga dapat mencetak atlit berprestasi secara maksimal. Saya berharap Ketua KONI Sulut agar mendukung cabor (cabang olahraga) unggulan agar memberikan kontribusi besar bagi daerah,” tegas Marciano yang merupakan purnawirawan TNI (Tentara Nasional Indonesia) berpangkat Letnan Jenderal (Letjen).

Kepada Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw, Marciano titip pesan, supaya atlit diarahkan sebaik-baiknya. Pesan serupa juga disampaikannya kepada para bupati dan walikota.

“Berikan dukungan agar olahraga semakin maju dan berkembang,” pesannya, seraya menyinggung tata kelola organisasi olahraga Sulut kiranya mengarahkan para atlit menjadi yang terbaik.

Para atlet terbaik saat ini, Marciano mengungkapkan, tengah dipersiapkan untuk berlaga di ajang Olimpiade Tokyo. Pada ajang international bergengsi itu sejumlah cabang olahraga, seperti bulutangkis, angkat besi, panahan, menembak dan panjat tebing menjadi unggulan.

“Mudah mudahan Indonesia bisa masuk 30 besar. Harapan Bapak Presiden pada tahun 2032 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah. Hal ini bisa dicapai apabila Ketua KONI di setiap provinsi melakukan pembinaan olahraga dengan baik,” ungkapnya.

Menyongsong pelaksanaan PON Papua yang sudah semakin dekat, Marciano kembali mengingatkan untuk mempersiapkan kontingen agar dapat menempati peringkat terbaik.

“Mari kita siapkan kontingen Sulut agar dapat berangkat ke Papua dengan meraih prestasi sebagai upaya perbaikan peringkat sebagaimana yang diharapkan,” paparnya.

Leave a Reply