Swedia vs Korsel, VAR Penentu Kemenangan
Pemain timnas Belgia, Dries Mertens. (Foto: Carlos Garcia Rawlins/Reuters)

Swedia vs Korsel, VAR Penentu Kemenangan

OLAHRAGA

Pertandingan kedua babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 antara Swedia vs Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod, Senin 18 Juni 2018 kembali diuntungkan teknologi VAR (video assistant referee). Swedia unggul tipis 1-0 atas Korea Selatan.

Hasil pemutaran ulang video memutuskan bahwa Swedia berhak atas penalti karena pelanggaran yang dilakukan Kim Min-woo di kotak penalti. Tendangan penalti yang dieksekusi Andreas Granqvist mampu menggetarkan gawang Korea Selatan.

Swedia, tim berjuluk Blagult di bawah asuhan Janne Andersson kali ini hadir tanpa pemain bintang mereka Zlatan Ibrahimovic. Tetapi, pelatih berusia 55 tahun ini tetap optimistis dalam menghadapi gelaran Piala Dunia 2018. Begitu juga dengan tim asal negeri gingseng, di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong sangat berambisi memetik poin penuh di laga perdana ini.

Swedia tampil dengan formasi andalan mereka 4-4-2 yang mengandalkan duet pemain depan Marcus Berg dan Ola Toivonen. Tak mau kalah, Korea selatan menggunakan formasi 4-3-3 dengan tiga striker andalan mereka Son Heungmin, Kim Shinwook, dan Hwang Heechan.

Babak pertama

Pada menit awal pertandingan, Korea Selatan tampil menyerang dengan mengandalkan pemain sayap mereka. Tidak mau kalah, Swedia juga dengan memanfaatkan postur tubuh mereka dapat beberapa kali meredam serangan-serangan dari Korea Selatan. Pertandingan berjalan cukup keras dengan terjadinya beberapa pelanggaran di menit-menit awal.

Pada menit ke-20 Swedia mendapatkan peluang emas di depan mulut gawang Korea Selatan. Pemain bernomor punggung 9 Marcus Berg mendapatkan bola didalam kotak penalti dan mencoba melakukan tendangan dengan kaki kirinya.

Dengan respons yang cepat, penjaga gawang Korea Selatan Cho Hyun-woo menghadang dengan kakinya. Tidak berhenti sampai di situ, Swedia terus melancarkan serangan-serangan melalui pemain tengah mereka.