Tambang Emas Bakan Ditertibkan
Lokasi Pertambangan Tanpa Ijin (PETI) di Blok Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong Provinsi Sulawesi Utara. (Foto: totabuan.co)

Tambang Emas Bakan Ditertibkan

KOTAMOBAGU, publikreport.com – Kepolisian Resort (Polres) Kotamobagu, Selasa 03 September 2019, melakukan penertiban di Tambang Bakan di Bolaang Mongondow (Bolmong). Dalam penertiban petugas mendapati masih ada masyarakat yang sedang beraktifitas di lokasi tersebut. Sebagian ada yang mengambil bahan tambang (rep), lainnya sebagai buruh pengangkut material atau yang biasa disebut ‘kijang’.

Lokasi yang ditertibkan adalah ‘blok tengkorak’. Blok ini sudah ramai dikunjungi masyarakat untuk melakukan aktivitas pertambangan,” kata Kepala Bagian (Kabag) Ops Polres Kotamobagu, Komisaris Polisi (Kompol) Freddy Wowor, selaku perwira pengendali pelaksanaan penertiban tersebut.

Dalam penertiban ini, Freddy menjelaskan, petugas mengumpulkan bak penampungan, serta menyegel lubang tambang bersama peralatannya.

Sementara dari interogasi polisi kepada masyarakat yang dijumpai di lokasi tambang, masyarakat mengaku masih beraktivitas secara ilegal, sembunyi-sembunyi karena tergiur dengan bahan tambang, juga tertarik dengan upah buruh panggul serbesar Rp3.000. Kendati sudah pernah ada penertiban.

Operasi ini dilakukan oleh Polres Kotamobagu dengan tujuan untuk mencegah timbulnya longsor yang menyebabkan banyak korban jiwa seperti yang terjadi beberapa waktu lalu,” jelas Freddy. | RIO YANTO