Panorama alam Rurukan Kecamatan Tomohon Timur, dengan lahan pertaniannya. (Foto: publikreport.com)
Panorama alam Rurukan Kecamatan Tomohon Timur, dengan lahan pertaniannya. (Foto: publikreport.com)

Tanah Rurukan Milik Siapa?

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom  Keindahan Negeri Rurukan (Kelurahan Rurukan dan Rurukan I) Kecamatan Tomohon Timur Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi daya pikat tersendiri, sehingga wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara terus membanjiri negeri yang berada kira-kira 1.000 Mdpl (Meter dari permukaan laut). Selain wisatawan, keindahan Negeri Rurukan juga menjadi daya tarik bagi para kaum bermodal. Sehingga banyak tanah-tanah/lahan-lahan yang telah dijual penduduk asli kepada pengusaha Tomohon maupun luar Tomohon.

“Tanah-tanah sekeliling Rurukan sebagian besar sudah beralihtangah alias sudah dijual pemilik (orang Rurukan) kepada pengusaha,” kata Danny, kepada publikreport.com belum lama ini.

Berpindahtangannya kepemilikan tanah-tanah di Rurukan, menurut Danny, lebih disebabkan masalah ekonomi. “Ya, bagaimana lagi, kalau dililit permasalahan keuangan dan ekonomi,” ujarnya.

Dari informasi, beberapa pengusaha berencana membangun hotel di tanah-tanah yang dibeli mereka. “Tinggal menunggu waktu saja dan satu atau dua hotel akan segera berdiri,” kata warga lainnya ketika berbincang ringan dengan publikreport.com, yang sama-sama berteduh menghindari hujan di Pos Polisi Tomohon Timur  di areal perkebunan menuju puncak Gunung Mahawu.

Di Rurukan Bakal Ada Hotel
Belum Ada Festival Sayur-mayur

Leave a Reply