You are currently viewing Tanggul Gereja di Sonder Ambruk
Ilustrasi.

Tanggul Gereja di Sonder Ambruk

TOMOHON, publikreport.com – Tanggul penahan tanah Gereja Katolik Sonder yang berada di Jaga I, Desa Rambunan Amin, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin 19 Agustus 2019, sekitar pukul 14.15 WITA, longsor. Longsor jatuh ke halaman lahan gereja, dimana terdapat sebuah pondok bambu yang didiami Keluarga Jefry Tenda-Pantouw. Pondok bambu itu ambruk karena material longsoran.

Beruntung saat kejadian, tiga orang yang mendiami pondok sedang keluar (tidak berada di rumah),” jelas Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sonder, Inspektur Dua (Ipda) Hentje Talumepa yang langsung ke lokasi ketika longsor terjadi.

Longsor terjadi, menurut Hentje, karena hujan lebat yang turun selama tiga jam, sehingga tanggul penahan tidak mampu menahan debit air yang besar dari atas jalan.

Terpisah Kepala Hukum Tua (Kumtua) Rambunan Amian, Villy Sangkay mengatakan, pemerintah dan masyarakat membantu mengevakuasi barang-barang serta menyedikan tempat tinggal sementara bagi keluargayang terdampak longsor.

Kemungkinan longsor susulan bisa terjadi. Karena saat ini musim penghujan,” ujarnya. | TOMMY WAHANI

Leave a Reply