Jabes Ezar Gaghana, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Jabes Ezar Gaghana, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Terakreditasi, 5 Puskesmas Terima Sertifikat

Lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), masing-masing Lapango, Dagho, Kendahe, Marore dan Enemawira, Senin 04 Maret 2019, menerima sertifkat akreditasi dari Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, saat apel bersama di Lapangan Santiago, Tahuna. Kelima Puskesmas ini terakreditasi sejak November dan Desember 2018.

“Sertifikat akreditasi ini langsung dari pusat. Karena saat survei penilaian ke setiap Puskesmas ada tiga tim berbeda,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Elisabeth Manulong.

Kriteria penilaian agar terakreditasi, menurut Elisabeth seperti kelengkapan UMS, UKS, administrsi serta pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Tahun 2019 ini, Elisabeth mengungkapkan, akan ada lima  Puskesmas yang akan diakreditasi, masing-masing Tatoareng, Manente, Pintareng, Salurang, dan dua Puskesmas yang akan direakreditai, yaitu Manganitu dan Kuma.

BACA JUGA: Pustu/Poskesdes Terlantar, Kepala Dinas: Jarang Kunjungan Masyarakat

BACA JUGA: Optimalkan RSU Liung Paduli, Ini Janji Direkturnya

“Puskesmas Manganitu dan Kuma sudah diakreditasi tiga tahun lalu. Sekarang ini akan reakreditasi,’ kata Elisabeth selaku pelaksana dan pendamping akreditasi.

Dengan adanya Puskesmas terakreditasi, Elisabeth menambahkan, akan berdampak baik. Alasannya Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) memfasilitasi Puskesmas yang terakreditasi. | ARIFIN M

Leave a Reply