You are currently viewing Terjaring di Tombariri, 41 Warga Pendatang Dipulangkan

Terjaring di Tombariri, 41 Warga Pendatang Dipulangkan

TOMBARIRI, publikreport.com – Kepolisian Resort [Polres] Tombariri bersama Pemerintah Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Daerah Militer (Koramil) setempat, Selasa, 22 Mei 2018, jam 10.30 WITA, menggelar pendataan terhadap pendatang. Dari operasi tersebut berhasil dijaring 41 orang yang tidak memiliki identitas jelas. Mereka yang terjaring ini berprofesi sebagai pemanjat kelapa dan pekerja di galangan kapal di Desa Ranowangko, Kecamatan Tombariri.

Dari pendataan terungkap, 11 orang yang bekerja di galangan kapal PT Setia Bahari tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk [KTP] dan surat jalan. Saat melakukan pendataan di perkebunan, tim yang dipimpin Bhabinkamtibmas Desa Ranowangko, Brigadir Kepala (Bripka) Only Yoseph, bersama Babinsa Desa Ranowangko, Sersan Dua [Serda] Sulamto mendapati 30 pekerja pemanjat kelapa di kebun milik warga Desa Ranowangko yang juga tidak memiliki KTP serta surat jalan.

”Setelah berkoordinasi dengan kepala desa termasuk Polsek, pemerintah kecamatan dan Koramil, mereka yakni para pekerja yang tidak dilengkapi surat jalan dan KTP akan dikembalikan ke daerah asal. Mereka diminta melengkapi identitas dan harus dilengkapi surat jalan,” ungkap Bripka Only Yoseph.

BACA JUGA: Di Tomohon, Personil TNI Amankan Pria Tak Kenal

BACA JUGA: Sempat Menghebohkan Wakas, Saprin Akhirnya Dilepaskan

Kepala Kepolisian Sektor [Kapolsek] Tombariri, Inspektur Satu [Iptu] Jantje A Untu membenarkan telah berkoordinasi dengan Forkopimka kemudian melakukan pendataan kepada sejumlah pendatang yang tidak memiliki identitas resmi. Hal ini ditempuh demi keamanan dan sudah sesuai dengan protap setiap pemerintah desa, kecamatan bahkan kepolisian.

”Mereka dalam pengawasan Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Unit Intelkam Polsek Tombariri,” tegasnya.
Hukum Tua Desa Ranowangko, Deitje Kusoy termasuk Forkopimka memberikan waktu selama 3×24 jam untuk berada di wilayah Desa Ranowangko. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply