Ilustrasi.
Ilustrasi.

Terkait Dana Desa, Kapolres: Masyarakat Butuh Pengetahuan dan Kumtua Harus Memahami UU Desa

AMURANG, publikreport.com – Kepala desa atau hukum tua (kumtua) beserta perangkatnya harus benar-benar memahami Undang-Undang (UU) Desa dan masyarakat desa butuh pengetahuan masalah hukum, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan maupun pengawasan Dana Desa. Hal ini untuk dijadikan pedoman atau dasar dalam pengelolaan keuangan dan aset desa, agar terhindar dari tindak pidana.

Hal Ini dikatakan, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Minahasa Selatan (Minsel), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) FX Winardi Prabowo, saat menjadi narasumber pada pelatihan pengembangan bantuan hukum dan paralegal desa tahun 2019, yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DinPMD) Kabupaten Minsel bertempat di Desa Malola, Kecamatan Kumelembuai, Jumat 14 Juni 2019.

Pelatihan ini sangat penting bagi seluruh perangkat desa dan tokoh masyarakat. Pelatihan ini dalam rangka pembinaan kemasyarakatan dan pembinaan desa, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan maupun pengawasan Dana Desa yang diberikan pemerintah,” jelasnya.

BACA JUGA: Hukum Tua Harus Pahami Substansi Dana Desa

BACA JUGA: Puluhan Desa di Minut Terindikasi Selewengkan Dana Desa

BACA JUGA: Penggunaan Dana Desa di Minahasa Disorot
BACA JUGA: Pengelola Dana Desa, Wagub: Jangan Pikir Keuntungan Pribadi

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Minsel, I Wayan Eka Miarta berharap kepada para para peserta perwakilan desa yang hadir, mampu menjadi agen transfer pengetahuan hukum seputar pengeloaan Dana Desa bagi masyarakat desa.

Dengan adanya pelatihan paralegal ini, kiranya bisa meredam potensi-potensi perbuatan melawan hukum, sehingga pembangunan bisa berlajan lancar,” harapnya. | RIO YANTO

Leave a Reply