PUBLIKREPORT.com

Terungkap di Musrenbang, Banyak Usulan Dicoret Pihak Pemerintah

Pimpinan sidang Musrenbang Kelurahan yang dilaksanakan Jumat 22 Januari 2021 di BPU Kelurahan Kayawu, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulut.

Pimpinan sidang Musrenbang Kelurahan yang dilaksanakan Jumat 22 Januari 2021 di BPU Kelurahan Kayawu, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulut.

TOMOHON, publikreport.com – Sejumlah perwakilan masyarakat Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melampiaskan kekecewaan mereka terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon yang dianggap seenaknya mencoret usulan-usulan masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Hal ini terungkap pada forum Musrenbang Kelurahan yang dilaksanakan Jumat 22 Januari 2021 di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Kayawu, Kecamatan Tomohon Utara.

”Dikesempatan ini kami perwakilan masyarakat menyampaikan protes kepada pihak pemerintah kecamatan maupun pemerintah kota yang selalu mencoret usulan kami dari kelurahan. Kejadian ini sudah beberapa tahun terjadi,” tegas Marthen Pondaag kepada perwakilan Pemerintah Kota Tomohon yang memimpin Musrenbang.

Protes ini disampaikan dalam forum itu, menurut Marthen, karena usulan-usulan pembangunan masyarakat yang sangat mendesak kerap dicoret sebelum ditetapkan di Musrenbang Tingkat Kecamatan dan Kota.

“Harusnya pemerintah menghargai usulan yang mereka minta sendiri. Kalau mau mencoret, harusnya komunikasikan dahulu dengan utusan masyarakat. Ini sangat tidak etis,” jelas Marthen yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kekecewaan juga dikemukan Barlina Manopo, salah satu perwakilan perangkat kelurahan.

“Usulan masyarakat di Musrenbang banyak yang dihilangkan sepihak oleh pemerintah yang memintanya. Padahal yang dicoret adalah usulan-usulan yang sangat mendesak untuk dibuat. Kami sangat kecewa,” ujarnya.

Read Previous

KPU Tetapkan Gubernur/Wagub Sulut Terpilih

Read Next

Mereka Mulai Menyusun ‘Kabinet’ CSWL