You are currently viewing Tilang Elektronik Segera Diberlakukan di Manado
Ilustrasi ETLE atau tilang elektronik. (gambar: alinea.id)

Tilang Elektronik Segera Diberlakukan di Manado

MANADO, publikreport.com – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut), Komisaris Besar (Kombes) Iwan Sonjaya mengungkapkan, Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) akan segera memberlakukan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di beberapa Polda di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah hukum Polda Sulut. Menindaklanjutinya, Polda Sulut sedang berupaya melengkapi berbagai perlengkapan penunjang ETLE yang akan digelar di Kota Manado bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

“Mudah-mudahan kita bisa ikut launching secara nasional pada 17 Maret 2021, nanti,” kata Kombes Iwan Sonjaya, Rabu 24 Februari 2021, sore.

Pemberlakuan ETLE di Kota Manado, Iwan mengungkapkan, akan dilaksanakan di beberapa titik, seperti di jalan Piere Tendean komplex Hotel Dragon, Jalan Piere Tendean komplex Centro Mantos, Jalan Piere Tendean komplex HSBC, Jalan Piere Tendean komplex TK Golden, Jalan Sam Ratulangi komplex BCA, Jalan Sam Ratulangi komplex Apotik Setia II, Jalan WR Monginsidi komplex Lapangan Bantik, Jalan Tololiu Supit komplex BPJS, Jalan Daan Mogot Komplex BRI Unit Berhikmat dan Jalan Santiago Komplex Pasar Tuminting.

Dengan adanya ETLE, Iwan mengatakan, para pengguna jalan akan diawasi kamera selama 24 jam.

“Diharap pengguna jalan tidak usah main ‘kucing-kucingan’ seperti dulu, dimana ada petugas baru tertib. Kita berharap (mudah-mudahan) Manado menjadi kota yang smart, dengan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang berdampak pada sektor lainnya,” katanya.

ETLE ini, Iwan menjelaskan, merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera/alat yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis (Automatic Number Plate Recognition). Melalui ETLE, tidak ada interaksi langsung atau kontak fisik antara petugas dan pelanggar sehingga menjadi metode yang paling tepat di era new normal di tengah pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

Leave a Reply