Tim Gabungan Kesehatan Layani 1.290 Pasien di Talaud
Salah satu pelayanan kesehatan dari Tim Flying Health Care (FHC) atau pelayanan kesehatan bergerak yang merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou, Malalayang dan Dinkes Kabupaten Kepulauan Talaud di Pulau Karatung, Kakorotan dan Marampit, Kabupaten Kepulauan Talaud, selang 13-17 Mei 2019,

Tim Gabungan Kesehatan Layani 1.290 Pasien di Talaud

Flying Health Care (FHC) atau pelayanan kesehatan bergerak yang merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou, Malalayang dan Dinkes Kabupaten Kepulauan Talaud, berhasil melayani 1.290 pasien, termasuk melakukan tindakan operasi kepada 42 pasien di Pulau Karatung, Kakorotan dan Marampit, Kabupaten Kepulauan Talaud, pada 13-17 Mei 2019.

Sasaran pelayanan kesehatan bergerak ini adalah provinsi yang memiliki daerah terpencil, sangat terpencil dan kabupaten/kota yang kekurangan tenaga dokter spesialis,” demikian Hubungan Masyarakat (Humas) Setdaprov Sulut.

Adapun pelayanan kesehatan yang dilakukan Tim FHC di Talaud, antaranya pelayanan kesehatan umum dan pengobatan, pelayanan kesehatan spesialistik THT (telinga, hidung, tenggorokan), kebidanan, kandungan untuk kesehatan reproduksi, pelayanan dokter bedah, penyuluhan gizi dan penyakit tidak menular serta screening penyakit tidak menular dan stunting.

BACA JUGA: Pasien RSUD Anugerah Tomohon Baru 8 Orang

BACA JUGA: Karyawan Ratusan Orang, RSUD Anugerah Minim Pasien dan Alkes

Juga memberikan pelatihan pengembangan kesehatan tradisional dengan TOGA dan kelompok asuhan mandiri pemanfaatan TOGA serta akupresur sederhana, pelayanan KB (Keluarga Berencana), pelaksanaan inisiasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pelayanan KIA, Promkes dan pemantapan program imunisasi.

Tim FHC yang berjumlah 27 orang terdiri dari 12 orang dari pusat, 10 orang dari Dinkes Sulut dan RSUP Kandou serta 5 orang dari Dinkes Kabupaten Kepulauan Talaud ini juga ikut melayani pemeriksaan IVA yang diikuti 70 pasien. | VERONICA DSK

Tinggalkan Balasan