You are currently viewing Tingkat Pengangguran di Tomohon Tinggi
Focus Grup Discussion (FGD) bertema, ‘Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Kota Tomohon’ yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kota Tomohon di lantai dua Setdakot Tomohon, Senin, 10 Desember 2018.

Tingkat Pengangguran di Tomohon Tinggi

TOMOHON, publikreport.com – Tingkat pengangguran terbuka di Kota Tomohon pada tahun 2017 sebesar 8,94 persen. Tingginya angka tingkat pengangguran terbuka ini, Pemerintah Kota Tomohon mengaku perlu dipikirkan langkah-langkah konkret untuk menekannya.

“Sampai saat ini, masalah ketenagakerjaan masih cukup kompleks. Besarnya jumlah penganggur dan setengah penganggur harus dipikirkan,” kata Asisten Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Tomohon, Max M Mentu, pada Focus Grup Discussion (FGD) bertema, ‘Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Kota Tomohon’ di lantai dua Setdakot Tomohon, Senin, 10 Desember 2018.

Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, menurut Max, telah diamanatkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) supaya menyusun perencanaan tenaga kerja yang dapat memuat perkiraan persediaan tenaga kerja, perkiraan kebutuhan tenaga kerja, keseimbangan tenaga kerja dengan berbagai karakteristik, dan kebijakan yang perlu diambil untuk mencapai tujuan. Perencanaan meliputi kebijakan umum, kebijakan sektoral, kebijakan pengendalian angkatan kerja, kebijakan pelatihan, kebijakan penempatan tenaga kerja dan kebijakan perlindungan.

“Rencana tenaga kerja ini saya harapkan dapat menjadi pedoman/acuan dalam penyusunan kebijakan, strategi dan pelaksanaan program pembangunan ketenagakerjaan di Kota Tomohon untuk dapat menanggulangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan,” harap Max.

BACA JUGA: Masalah Tenaga Kerja di PT KPB (Pabrik Roti Jordan) Terus Bergulir

Leave a Reply