You are currently viewing Tip Dianggap Salah Satu Penghambat Usaha Pariwisata
Ilustrasi.

Tip Dianggap Salah Satu Penghambat Usaha Pariwisata

TONDANO, publikreport.com – Sulawesi Utara (Sulut) tengah berpacu untuk menjadi salah satu daerah destinasi wisata. Mendorong pengembangan ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Provinsi Sulut, Daniel Mewengkang, perlu dukungan dan kesadaran berbagai pihak.

Faktor kesadaran individu warga sekitar destinasi wisata di Sulut terkadang menjadi kendala serius. Pelaku usaha pariwisata juga kerap terbentur oleh perilaku birokrasi yang tergantung tip. Kalau di Jepang atau Eropa jangan harap mereka mau menerima tip wisatawan atau pelaku usaha. Tapi di kita yang ada di sini, banyak yang masih melihat besaran tip sebelum melancarkan urusan dari yang bermohon,” ungkap Daniel pada Gerakan Sadar Wisata Provinsi Sulut di Pantai Indah Kalasey, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Sabtu 30 Maret 2019.

Sebelumnya, Daniel mengatakan, kesadaran untuk menjadi tuan rumah bagi wisatawan perlu ditanamkan pada warga Sulut. Apalagi sektor pariwisata sudah menjadi penyumbang devisa nomor dua di Indonesia.

Mendongkrak pengembangan industri pariwisata perlu suport tinggi dari warga sekitar destinasi wisata, termasuk sikap terhadap kebersihan, kenyamanan, keamanan dan hal-hal yang konkrit dalam sapta pesona,” jelasnya.

BACA JUGA: KEK Pariwisata Dekat Hutan Lindung
BACA JUGA: Maraknya Pariwisata di Sulut, Bagaimana Menjaga Lingkungan?

Leave a Reply