You are currently viewing Tips Hadapi SKD CPNS
Ilustrasi SKD CPNS.

Tips Hadapi SKD CPNS

JAKARTA, publikreport.com – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA) 2019, memasuki Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Materi SKD yang akan diujikan meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Lian Ifandri, seorang Analis Kebijakan yang bekerja di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), membagikan tipsnya. Dirinya mengaku banyak mempelajari soal-soal tes CPNS dari tahun-tahun sebelumnya. Baginya, itu adalah salah satu persiapan penting menjelang tes.

Seringkali soal-soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun. Soal-soal tersebut dapat dipelajari sehingga ketika mendapati soal sejenis saat ujian maka peserta akan lebih mudah menyelesaikannya,” ungkap Lian sebagaimana dilansir menpan.go.id, Jumat 25 Januari 2020.

Kepada peserta yang akan mengikuti tahap SKD, Lian menyarankan ketelitian, ketenangan, dan manajemen waktu dalam mengerjakan soal. Kegugupan peserta akan mengganggu fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan soal-soal SKD.

Saat mengerjakan soal SKD peserta tidak hanya dituntut untuk tepat dalam menjawab soal, tetapi juga harus menyelesaikannya dengan cepat. Disarankannya untuk mengerjakan soal dari yang dianggap paling mudah dan dikuasai. Peserta dapat melewati soal-soal yang dirasa lebih sulit.

Apabila masih terdapat sisa waktu ujian maka gunakanlah untuk mengerjakan soal yang belum terjawab di setiap jenis soal untuk meningkatkan nilai. Strategi ini bisa dipakai untuk TWK, TIU, dan TKP,” katanya.

BACA JUGA: Naskah Soal SKD CPNS 2019 Diterima MenPANRB

BACA JUGA: CPNS, SKD Serentak Senin 27 Januari 2020

Leave a Reply