Aster Kodam XIII/Merdeka, Kolonel (Inf) Iddris Soemantri Roni, didampingi sejumlah pejabat Kodam XIII/Merdeka dan Kodim 1302/Minahasa, saat melakukan peninjauan ke Danau Tondano, Sabtu 15 Mei 2021.
Aster Kodam XIII/Merdeka, Kolonel (Inf) Iddris Soemantri Roni, didampingi sejumlah pejabat Kodam XIII/Merdeka dan Kodim 1302/Minahasa, saat melakukan peninjauan ke Danau Tondano, Sabtu 15 Mei 2021.

TNI Kembali Berencana Bersihkan Eceng Gondok di Danau Tondano

MINAHASA, publikreport.com – Dalam waktu dekat Kodam (Komando Daerah Militer) XIII/Merdeka akan kembali membersihkan eceng gondok di Danau Tondano. Personil TNI (Tentara Nasional Indonesia) akan fokus pada lima titik di empat kecamatan yang ada di pinggiran Danau Tondano, yakni Kecamatan Remboken, Kakas, Eris dan Tondano Timur.

Rencana pembersihan eceng gondok di Danau Tondano ini terungkap setelah Asisten Teritorial (Aster) Kodam XIII/Merdeka, Kolonel (Inf) Iddris Soemantri Roni, Sabtu 15 Mei 2021, melakukan peninjauan ke lima titik di Danau Tondano

Eceng gondok (eichhornia crassipes), merupakan tumbuhan yang mengapung di atas permukaan air dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Tanaman gulma ini juga dianggap dapat merusak lingkungan sekitar perairan.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Kodam XIII/Merdeka untuk membersihkan eceng gondok di Danau Tondano.

Terkait rencana tersebut, Dandim (Komandan Distrik Militer) 1302/Minahasa, Letnan Kolonel (Letkol), Andi Sinaga menyambut baik dan bersemangat untuk mensukseskannya.

“Kami bangga sekali dengan adanya perhatian bapak Pangdam XIII/Merdeka yang mana menjadikan Danau Tondano salah satu agenda program kerja Kodam XIII/Merdeka dibidang karya bhakti. Kami satuan Kodim 1302/Minahasa dengan penuh semangat siap mensukseskan program tersebut,” tegasnya.

BACA JUGA:

Eceng Gondok di Danau Tondano, Olly: Perlu Keterlibatan Masyarakat

Perang Melawan Eceng Gondok di Danau Tondano

Eceng Gondok Dibuat Biogas

Mereka Kerja Bakti Bersihkan Danau Tondano dari Eceng Gondok

Mereka Berjibaku Bersihkan Eceng Gondok di Danau Tondano

Tentara Bersihkan Danau Tondano, Wabup dan Kadis Meninjau

Diketahui, pada tahun 2020, lalu, ‘perang’ melawan eceng gondok sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Kodim 1302/Minahasa. Berbagai komponen masyarakat dilibatkan dalam upaya membasmi mewabahnya eceng gondok di Danau Tondano.

Leave a Reply